Hari Ini, Korupsi Dana Bansos Depok Akan Dilaporkan Ke KPK

0
366

bansos

depoktren.com – Dana bantuan sosial (bansos) Kota Depok santer akan isu korupsi. Pasalnya dana bansos yang dianggarkan banyak yang tak sesuai dan tak sampai kepada yang dicanangkan. Anggaran untuk rukun tetangga (RT) di Depok yang jumlahnya 3.753 RT tidak seluruhnya mendapatkan bansos hanya 1.500 saja yang emndapatkannya.

Dana bansos yang diterima pun tidak sesuai yang ditetapkan. Dari dana yang seharusnya berjumlah Rp 10 juta per RT, para RT hanya menerima Rp 6,5 juta sampai Rp 8 juta saja.

Irwan Nasution, Koordinator Forum Kedaulatn Rakyat Depok (FKRD), Senin lalu (31/3) menyatakan hanya 1.500 dari 3.752 RT yang menerima dana bansos tersebut.  “Sisanya, 2.252 RT tidak mendapatkan. Nilai yang tidak disalurkan itu fantastis, sampai Rp 22 miliar lebih dari total Rp37,5 miliar,” kata Irwan.

Menurut Irwan, selain disunat, penyaluran bansos juga menyalahi aturan. Dana disalurkan lewat Ketua DPRD Jabar Irfan Suryanegara yang lalu diteruskan ke tingkat RT melalui mata rantai partai. Khusus di Depok, penyaluran dana dipercayakan kepada anggota DPRD Depok Edy Sitorus.

“Penyaluran diberikan secara langsung oleh mata rantai satu parpol tertentu. Dana hanya diberikan kepada RT yang bersedia mendukung parpol itu. Kalau tidak mendukung tidak akan diberikan,” kata Irwan.

Irwan mengatakan, temuan ini sudah dilaporkan ke Panwaslu Kota Depok. Juga rencananya dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (anbf)

 770 total views

LEAVE A REPLY