Mahasiswa UI Ciptakan Solusi Pertanian di Lahan Sempit Perkotaan

0
276
Foto: dokumentasi Gama
Foto: dokumentasi Gama
Foto: dokumentasi Gama

depoktren.com – Depok semakin hari semakin menjadi Kota Metropolitan yang ramai dikunjungi orang dari berbagai kalangan. Mulai dari yang mengais rizki dan juga para pelajar yang menimba ilmu.

Banyaknya pendatang membuat Depok kini menjadi kota yang padat penduduk dan tak lagi banyak kita jumpai lahan pertanian yang luas.

Farsiko Gama, mahasiswa Jurusan Managemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, kemudian berusaha menciptakan solusi cerdas dalam masalah ini. Berangkat dari kecintaannya akan pertanian, Gama membuat terobosan teknologi pertanian di lahan sempit perkotaan dengan aquaponic.

Pemuda asal Tulungagung ini terinspirasi setelah membaca jurnal tentang ­dual cultivation terkait pertanian. Kemudian ia mengembangkan ide tersebut dengan mengaplikasikannya melalui pertanian aquaponic.

“Sebenarnya, aquaponic dapat menjadi sarana sekaligus solusi dalam masalah ketahanan pangan di Indonesia. Dengan biaya yang ekonomis kita juga akan mendapatkan hasil sayuran yang sehat dan alami”, tambahnya.

Aquaponic adalah kombinasi dari akuakultur (budidaya ikan) dan hidroponik (budidaya tanaman tanpa tanah). Dalam aquaponic, air yang mengandung nutrisi yang dihasilkan dari budidaya ikan merupakan sumber pupuk alami untuk tanaman yang tumbuh. Tanaman sendiri mengkonsumsi nutrisi, dan membantu untuk memurnikan air bagi kehidupan ikan, sehingga merupakan Sebuah proses mikroba alami yang menjadikan antara ikan dan tanaman tetap sehat. Hal ini menciptakan ekosistem yang berkelanjutan dimana kedua tanaman dan ikan dapat berkembang.

Menurutnya Indonesia perlu belajar dari Jepang, Thailand atau negara negara lainnya yang telah mengaplikasikan metode ini. Thailand telah mewajibkan di tiap rumah penduduk 30% dari lahannya diperuntukkan untuk perikanan dan pertanian, sehingga mereka menjadi masyarakat yang mandiri. “Ini yang harus kita contoh”, ucapnya dengan semangat.

Saat ini Gama telah menciptakan “kebun”nya sendiri di halaman Pondok Pesantren Mutiara Bangsa, Jalan Joglo Rt 02/07 Kukusan Beji Depok. Ia menanam sayuran sawi baby dan membudidayakan ikan lele sekaligus. Untuk 3 minggu ke depan ia akan menyiapkan panen kebunnya untuk yang kedua kalinya. (anbf)

 

 

 1,169 total views

LEAVE A REPLY