Deklarasi Menuju Pasar Bersih dan Hijau 2014

0
263

C360_2014-04-03-12-30-06-307

 

depoktren.com – Kamis (3/4), Walikota Depok menghadiri Deklarasi Menuju Pasar Bersih dan Hijau 2014 di Pasar Cisalak, Cimanggis. Deklarasi ini adalah sebuah gerakan pasar peduli sampah dan ruang terbuka hijau untuk kesejahteraan masyarakat.

Hadir dalam deklarasi ini perwakilan dari pihak pemerintah Kota Depok, Koperasi Pedagang Pasar, Koordinator Pedagang Pasar, Unit Pelaksana Teknis Pasar, Forum Komunikasi Hijau, Asosiasi Bank Sampah dan warga sekitar pasar.

C360_2014-04-03-12-20-18-331

Adapun isi dari Deklrasi Menuju Pasar Bersih dan Hijau 2014  yang disampaikan adalah:

  1. Memilah dan mengolah sampah yang dihasilkan oleh warga pasar dan masyarakat sekitar pasar agar tidak mencemari lingkungan dan mengganggu kesehatan
  2. Meningkatkan pengelolaan sampah melalui pelaksanaan 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) dimulai dari diri sendiri
  3. Melaksanakan penghijauan area pasar dengan menanam pohon peneduh/penghijauan minimal satu kios/pedagang satu pohon
  4. Menyediakan tempat sampah terpilah pada setiap kios dan pedagang
  5. Menempatkan sampah yang sudah terpilah pada tempatnya
  6. Menjaga kebersihan pasar dan saluran pembuangan air (drainase)

Dalam sambutannya Kepala Dinas UKM dan Pasar, Agus Herman, menyatakan bahwa pihaknya mengadakan aksi bersih pasar Cisalak setiap hari Jum’at dan Rabu dengan mengajak seluruh pedagang pasar Cisalak. Hal ini bertujuan untuk menciptakan pasar yang sehat dan baik. Selain itu ia juga menambahkah bahwa para pedagang akan menanam pohon di sekitaran pasar dan mendukung program taman arboterum di Kota Depok.

Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail, mengemukakan bahwa deklarasi ini selaras dengan tekat nasional dalam menciptakan pengelolaan sampah yang benar.

“Jangan menyepelekan limbah dan sampah”, pesannya kepada seluruh yang hadir di Pasar Cisalak. Menurutnya kita harus cerdas dalam pengelolaan sampah, karena sampah pun memiliki nilai yang ekonomis jika kita pandai mengelolanya.

Selepas acara deklarasi, orang nomor satu di Kota depok ini kemudian meninjau secara langsung kondisi Pasar Cisalak yang sempat terbakar. Ia juga ikut dalam menanam pohon di sekitar Pasar Cisalak. Yang terakhir ia meninjau pengelolaan limbah sayur yang dimiliki pengurus Pasar Cisalak. (anbf)

 1,017 total views

LEAVE A REPLY