Forum Anak Depok Wujudkan Depok Kota Layak Anak

0
840

fv7Cgx0B

 

depoktren.com – Forum Anak Depok adalah sebuah forum yang menjadi media aspirasi bagi anak-anak di Kota Depok. Forum ini didirikan sejak tahun 2011. Saat ini diketuai oleh Fahmi, pelajar SMP Kelas 9.

Ahmad Rifai, Fasilitator Forum Anak Depok, saat berkunjung ke kantor depoktren.com menjelaskan bahwa forum ini dibentuk memang untuk mewadahi seluruh aspirasi anak di Depok. Menurutnya suara anak pantas didengar, karena mereka juga tinggal dan merasakan kehidupan di kota Depok.

“Forum ini dibentuk oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK)”, ujar Rifai yang kini masih mengemban kuliah semester 2 Fakultas Hukum di Universitas Pancasila itu. Pemerintah Kota Depok sangat mendukung adanya Forum Anak Depok karena selaras dengan program yang Pemerintah Depok canangkan yaitu Depok Kota Layak Anak.

Rifai menambahkan bahwa dengan adanya forum ini banyak memberikan pengaruh yang cukup signifikan atas keselamatan dan kesejahteraan anak di Depok. Ia menyebutkan beberapa aspirasi, saran, dan kritik dari Forum Anak Depok sangat didengar oleh Pemkot Depok, contohnya saja saran forum dalam terciptanya taman kota, begitunya dengan safety cross di tiap sekolah walau belum seluruh sekolah menerapkan ini namun sebagian sekolah sudah menerapkannya seperti jalan di depan SMA Negeri 1 Depok yang memang kawasan anak sekolah dan padat akan kendaraan yang berlalu lalang.

Forum ini  juga selalu mengontrol hak-hak anak apakah sudah terpenuhi atau sebaliknya. Pada dasarnya setiap anak mempunyai hak: 1. bermain 2. berkreasi 3. Berpartisipasi 4. Berhubungan dgn ortu bila dipisahkan 5. Bebas melakukan kegiatan agamanya 6. Bebas berkumpul 7. Bebas berserikat 8. Hidup dengan orangtua 9. Kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang. “namun sebelum menuntut haknya kami selalu menghimbau kepada anak untuk melaksanakan kewajibannya sebagai anak”, tandasnya.

Rutinitas kegiatan Forum Anak saat ini adalah diskusi mingguan membahas permasalahan Kota Depok dan ikut mencarikan solusinya yang kemudian akan diproses ke forum OPD dan Pemkot. “Harapannya, Forum Anak ini tidak dipandang sebelah mata oleh pemerintah karena mereka hanya anak-anak. Dan semoga semua aspirasi anak Depok dapat didengar sehingga Depok semakin maju dan menjadi Depok yang memang benar-benar Kota Layak Anak”, pungkas fasilitator Forum Anak yang kantornya kini di Ruko Stasiun Depok Lama ini. (anbf)

 1,727 total views

LEAVE A REPLY