Tenaga Kerja Asing Wajib Miliki Asuransi

0
493

BPJS-595x420

depoktren.com – Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di Indonesia wajib memiliki polis asuransi. Hal tersebut diutarakan Rosiana selaku Kasi Kerjasama Kelembagaan pada Direktorat Pengendalian dan Penggunaan Tenaga Kerja Asing usai menjadi narasumber pada sosialisasi mengenai perpanjangan Ijin Memperkerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Depok di Aula Bappeda Lantai 3 Gedung Dibaleka I, Kamis (10/04/2014).

“Salah satu syarat yang harus disertakan oleh TKA yang akan bekerja di Indonesia yaitu memiliki asuransi,” tutur Rosi.

Ia juga mengatakan bahwa asuransi tersebut tidak harus tertuju pada salah satu perusahaan. TKA boleh menggunakan jasa asuransi apa saja. Yang terpenting harus terdaftar sebagai salah satu anggota yang memiliki asuransi sebelum mendaftar sebagai tenaga kerja asing di Indonesia.

Sementara itu, Didi Suhardi selaku Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Kota Depok menjelaskan bahwa pihaknya memang mewajibkan seluruh TKA agar bergabung di BPJS. “Berdasarkan amanat undang-undang, semua tenaga kerja formal wajib mendapatkan jaminan sosial, termasuk warga negara asing,” pungkasnya.

Didi juga menambahkan bahwa persyaratan dan pelayanan yang diberikan kepada tenaga kerja asing tidak berbeda dengan warga asli Indonesia. Semua itu guna memudahkan mereka dalam bergabung bersama BPJS. (anbf/diskominfo)

 

 785 total views

LEAVE A REPLY