Ini Dia, Alasan Parpol Islam ‘Malu-Malu Kucing’ Koalisi Usung Capres

0
172

parpol parpol islamdepoktren.com-Partai politik (parpol) Islam harusnya jangan kehilangan kepercayaan diri. Koalisi Parpol Islam diminta tidak ‘malu-malu kucing’ untuk berkoalisi tentukan calon presiden (capres). Koalisi parpol Islam bisa menjadi gerbong sendiri yang berpotensi memenangkan pemilu presiden pada 9 Juli 2014 nanti.Demikian dikatakan pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Pangi Syarwi Chaniago.

”Kalau parpol-parpol Islam, PKB, PAN, PPP, PKS, PBB bersatu membuat koalisi  untuk memajukan capres sendiri, bukan tidak mungkin bisa memenangkan pilpres,” kata Pangi di Jakarta, Sabtu (12/4).

Pilpres kali ini bisa dijadikan momentum bagi parpol-parpol Islam. ”Mereka diminta bersatu dan berjiwa besar untuk memastikan kembali partai Islam muncul sebagai kekuatan dominan yang tidak bisa diremehkan,” terang Pangi.

Lanjut Pangi, sikap parpol Islam yang masih ragu-ragu dan malu untuk mengusung capres sendiri, disebabkan tiga hal. Pertama, parpol-parpol Islam tidak percaya diri karena tidak mempunyai figur yang bisa dijual ke masyarakat. Kedua, parpol-parpol Islam takut kehilangan kursi di kabinet jika calon yang diusung ternyata kalah. Ketiga, alasan untuk bersikap realistis. Akhirnya mereka memilih berkoalisi dengan parpol tiga besar pemenang pemilu.

”Pimpinan parpol-parpol Islam tidak perlu melakukan penjajakan dengan ketua umum partai peringkat teratas perolehan suara. Parpol-parpol Islam cukup bersatu memberikan sinyal akan memunculkan koalisi sendiri. Jika perolehan suara koalisi parpol-parpol Islam mencapai 20 persen, sebaiknya mereka mengajukan capres sendiri. Sudah saatnya menjadi parpol penentu  dan pemenang pada pilpres kali ini. Kalau tidak sekarang kapan lagi, kalau bukan parpol Islam siapa lagi,” tutur Pangi. @desf/rs

 510 total views

LEAVE A REPLY