Wow Asyik, Belajar Dengan Infocus Touch Screen

0
475

infokus belajar depokdepoktren.com-Dalam rangka meningkatkan kreatifitas dan cepat tanggap dibidang pendidikan, SMP Negeri 14 Depok,, menciptakan inovasi baru dalam proses belajar mengajar berupa layar touch screen.

Hal ini menarik perhatian Wali Kota Depok Nur Mahmudi Isma’il sehingga membuat Pemimpin kota belimbing itu bertandang ke sekolah yang berada di Kelurahan Duren Seribu, Depok pada Jum’at (11/4) lalu.

Cara kerja alat ini tidak jauh berbeda dengan infocus pada umumnya, hanya saja untuk mengganti slide ke slide berikutnya kita tidak perlu menggunakan tenaga manusia untuk menekan tombol next. Hanya dengan memegang stick yang ujungnya terdapat sensor lalu ditempelkan ke layar, maka dengan mudah slide berganti sesuai yang kita inginkan.

”Saya mengapresiasi dan menghargai SMPN 14 yang saat ini sudah bisa menggunakan kemajuan teknologi untuk membuat metode pembelajaran yang lebih interaktif, komunikatif dan atraktif karena dengan adanya pembelajaran ini guru-guru terasa semakin akrab dengan murid,” ujar Wali Kota Depok.

Dengan adanya metode pembelajaran yang baru ini diharapkan materi yang diberikan kepada anakpun dengan suka cita dapat terinternalisasi kedalam diri mereka. Orang nomor satu di Kota Depok itu juga mengingatkan, mudah-mudahan ini merupakan metode pembelajaran yang tidak menghilangkan norma dan sopan santun kepada guru dan semoga orang tua murid juga senang karena anaknya dapat menerima metode pembelajaran yang baru ini.

Sementara ini, infocus touch screen digunakan oleh siswa kelas 7 (tujuh) dengan mata pelajaran agama dan kelas 9 (sembilan) dengan mata pelajaran IPS dan agama. Jumlahnya masih sangat terbatas mengingat belum semua guru dapat terfasilitasi infocus modern ini. Dengan adanya metode baru ini para siswa mengaku senang dan antusias selama mata pelajaran berlangsung.

”Seminggu bisa satu sampai dua kali pake infocus touch screen, soalnya gantian sama kelas lain. Belajar kaya gini lebih menarik dan lebih gampang ditangkepnya, kalau bisa semua mata pelajaran pake kaya gini (read: infocus touch screen),” ungkap Zenytha, salah satu siswa kelas 9 (sembilan) SMPN 14 Depok.

Ke depannya, menurut UPT Sawangan beberapa sekolah inti dari 6 (enam) sekolah akan diupayakan metodologi pendidikan seperti ini. Diharapkan UPT dan kepala sekolah lainnya di Kota Depok memahami dan yang lebih penting para guru-guru menjiwai pentingnya metodologi pembelajaran yang baru ini. @dewi/rs

 1,062 total views

LEAVE A REPLY