Potensi Bisnis Budi Daya Ikan Patin

0
529

ikan patin budidayadepoktren.com-Hasil pertanian dan perikanan Kota Depok ternyata sudah bisa tembus ke mancanegara. Salah satunya budi daya ikan Patin yang dilakukan Kelompok Tani Andalan Kota Depok (KTNA) Bina Mandiri. KTNA Bina Mandiri merupakan kelompok petani budi daya ikan yang berada di wilayah Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo, Depok, Jawa Barat

Menurut Penyuluh Pertanian Lapangan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Depok, Nasrullah. Ekspor ikan Patin hasil budidaya KTNA Bina Mandiri masih berkisar 10 persen dari produk yang dihasilkan. Satu petani petani ikan bisa menghasilkan seribu bibit ikan patin dengan masa panen selama 25 hari setiap bulannya. Sedangkan harga jual bibit ikan patin mencapai Rp.6000/ekor ukuran 3/4inch.

”Jadi, satu petani bisa menghasilkan Rp.6 juta perbulannya. Satu tahun bisa 7-8 kali panen,”terang Nasrullah di area Pameran hasil Pertanian dan Perikanan Kota Depok di Lapangan Balaikota Depok, Jabar, Sabtu (19/4).

Selain untuk ekspor, lanjutnya, produksi ikan patin Depok juga diminati masyarakat di seluruh Indonesia. Permintaan ikan patin diantaranya dari Aceh, Lampung, Palembang, Batam, Kalimantan, Sulawesi, Bandung dan daerah lainnya.

”Kendala utama dalam budidaya ikan patin adalah faktor cuaca, dan air. Namun semua itu bisa diantisipasi. Petani juga membudidayakan ikan lain, seperti koi, manfis, kalidoras, dan ikan aligator,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Depok, Abdul Harris mengatakan, banyak produk unggulan perikanan kota Depok, diantaranya ikan hias air tawar dan ikan konsumsi. Pembinaan budidaya ikan patin terus dilakukan melalui petugas penyuluh perikanan dilapangan.

“Kita juga melakukan pelatihan-pelatihan tentang budidaya ikan patin. Selain ikan patin, dilakukan juga penyuluhan budidaya ikan lele, dan ikan lainnya.”terang Harris.

Menurut Harris, petani budidaya ikan konsumsi dan ikan hias tersebar di seluruh kecamatan di Kota Depok. Budidaya ini terus dikembangkan dengan melakukan intensifikasi, seperti penerapan budidaya dengan teknologi yang lebih baik.

”Saat ini telah dilakukan teknologi budidaya ikan dengan menggunakan bioblog, yaitu budidaya ikan bisa dilakukan meskipun dilahan sempit dan terbatas,” tandas Harris. @dewi

 1,289 total views

LEAVE A REPLY