Gandeng Steinbeis, MITI Garap Inkubasi Bisnis Hasil Riset

0
174
Foto: ist

Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi Indonesia (MITI) menggandeng Steinbeis, Jerman guna menggarap inkubasi bisnis hasil riset di Indonesia. Selain bantuan permodalan, kerjasama juga mencakup pemasaran.

“Steinbeis memiliki pengalaman luas mengembangkan inkubasi bisnis hasil-hasil penelitian di berbagai negara. Kini kami mengajak menggarap potensi di Indonesia,” ujar Edi Sukur, Ketua MITI di Serpong, Tangerang Selatan, pekan lalu.

Dari pihak Steinbeis hadir George Villinger MBA Dipl-Wirtsch-Ing, Direktur Steinbeis Transfer Center for Economic Promotion. Villinger diajak MITI untuk mendatangi pusat-pusat pengembanan teknologi di Indonesia yang berpotensi di kembangkan inkubasinya.

Sukur mengungkapkan, Steinbies selama ini memiliki pengalaman dan jaringan di Eropa, Amerika, Asia dalam menginkubasi bisnis hasil riset. “Kami sedang mencari pola seperti apa yang bisa dilakukan di Indonesia,” ujar Sukur.

Saat ini, papar Sukur, banyak temuan atau hasil riset yang dihasilkan para ahli dan peneliti Indonesia. Namun, masih sangat sedikit yang bisa dikembangkan hingga menjadi produk yang bernilai ekonomi dan mensejahterakan masyarakat.

Untuk keperluan itu, diselenggarakan MITI Forum yang dihadiri dari berbagai kalangan. Sebagai pembicara adalah Warsito (Ketua Umum MITI), Sri Harjanto (Dosen FT UI), George Villinger (Steinbeis) dan Nada Marsudi (Kemenristek).(ris/nusatoday.com

 519 total views

LEAVE A REPLY