Walikota Himbau Awasi Produk Makanan Berbasis Komoditi Lokal

0
144

Thumbnail for 46849

 

depoktren.com – Walikota Depok Nur Mahmudi Isma’il himbau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengawasi produk makanan berbasis komoditi lokal pada saat rapat koordinasi dengan para OPD, unsur muspida, camat dan lurah se-Kota Depok di Aula lantai 5 Balaikota Depok pada Selasa (22/4/2014).

Rapat tersebut membahas laporan hasil dana APBD yang telah disalurkan serta menginformasikan beberapa penghargaan yang diraih Kota Depok selama tahun 2010 sampai 2012. Dalam sambutannya, Orang nomor satu di Kota Depok ini menghimbau terkait prestasi yang telah diraih hendaknya seluruh aparatur negara bersungguh-sungguh membangun sebuah tekad,  agar dapat memberikan karya terbaik untuk lembaganya.

Beliau juga menambahkan, berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 13 Tahun 2012 tentang Hari Konsumen Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 April dengan jelas kaitannya Kepres Nomor 22 Tahun 2009 yang isinya dengan percepatan keanekaragaman makanan berbasis komoditi lokal. Hari konsumen Nasional tersebut merespon UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. “Saya memberikan 2 (dua) peringatan, satu kita sambut dengan baik munculnnya Kepres ini yang memiliki tekad untuk melakukan beberapa hal antara lain bagaimana kita bisa memperluas informasi untuk mengetahui tentang hak dan kewajiban konsumen dan meningkatkan kualitas produk-produk yang beredar disekitar kita. Yang kedua memotivasi agar pemerintah ini turut melindungi hak dari para konsumen atas bahaya dari beberapa macam perilaku yang ada,” tandas Walikota.

Hal yang dapat dilakukan pemerintah antara lain, memfasilitasi agar Dinas Kesehatan (Dinkes) mengawasi produksi keamanan makanan dengan pengawasan penyalahgunaan barang-barang terlarang dan berbahaya, pewarna yang berbahaya sampai nanti terciptanya kantin-kantin dan penjaja makanan yang sehat. Dalam hal ini perlu adanya sinergi dari pihak-pihak terkait seperti  Dinkes, Disperindag, dan Dinas Pasar.

Beliau berharap dengan adanya sinergi yang kuat dari pihak-pihak terkait dapat memunculkan kerja sama yang baik pula, demi tercapainya tujuan bersama. (diskominfo)

 

 466 total views

LEAVE A REPLY