Komunitas Ciliwung Depok Galakkan Ekowisata Ciliwung

0
396

C360_2014-04-23-10-18-24-775

 

depoktren.com – Sungai Ciliwung terbentang dari hulu yang terletak di daerah Bogor yang meliputi kawasan Gunung Gede, Gunung Pangrango dan Cisarua hingga kawasan hilir di pantai utara Jakarta, Sungai Ciliwung mempunyai panjang 120 Km dengan luas Daerah Aliran Sungai (DAS) 387 Km2.

Dahulu, Sungai Ciliwung menjadi salah satu sumber kehidupan masyarakat Jakarta dan menjadi habitat berbagai jenis ikan. Akan tetapi, saat ini banyak masalah menghinggapi Ciliwung. Seperti yang sudah diketahui, sejak bermekarannya berbagai pembangunan rumah, perkantoran, serta kawasan bisnis lainnya, Sungai Ciliwung dipandang sebelah mata. Sampah, serta limbah dari berbagai tempat dibuang di Sungai Ciliwung. Masalah bertambah besar ketika sampah-sampah yang ada menyumbat aliran air, mengakibatkan sungai berbau, kotor, dan yang menjadi momok warga Jakarta yaitu terjadinya banjir.

C360_2014-04-23-11-01-33-312

Taufik D, Penggiat Komunitas Ciliwung, mengungkapkan bahwa Sungai Ciliwung memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi ekowisata alam. Dilihat dari berbagai situs yang ada di sekitaran Ciliwung, itu menjadi daya tarik tersendiri bagi sungai ini.

“Di seberang batu putih ada sumber air belarang, itu belum dieksplor., Cuma buih-buihnya kelietan, sudah melegenda di masyarakat sebagai air obat katanya karena berbau belerang itu belum dieksplorasi”, tuturnya pada depoktren.com, Rabu (23/4).

“Ada pula situ budaya, jembatan Panus, ke arah Jakarta lagi kita ketemu arum jeram, namanya itu Jeram Kebo Gareng, jeram itu sangat eksotis sekali.

Ia berharap Pemerintah Kota Depok dapat melihat potensi wisata ini, bahkan menjadi icon wisata Kota Depok. Taufik juga yakin Ciliwung Kota Depok masih dapat diselamatkan ditambah dengan penggalakkan kegiatan dari sekolah-sekolah yang mengenalkan pelestarian sungai Ciliwung serta berbagai komunitas yang peduli lingkungan, smeua hal ini akan dapat merubah mindset masyarakat menjadikan Ciliwung ini bukan tempat mereka membuang sampah. (anbf)

 1,509 total views

LEAVE A REPLY