Bijak Beri Anak MPASI

0
182

 

 

depoktren.com – Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian MPASI mulai dari makanannya itu sendiri sampai cara pemberian.

Mengenai tekstur MPASI-nya, mulailah dengan makanan lumat yang mudah dicerna. Bentuknya agak cair, dapat menyerupai ASI, lalu secara bertahap dibuat lebih kental. Setiap memberikan MPASI, berikan satu sampai dua sendok makan sudah cukup bagi bayi karena lambungnya pun masih kecil.

Anda bisa mulai memberi MPASI dari serealia dahulu, yaitu tepung beras, lalu mulai tambahkan makanan lain secara bertahap. Perkenalkan lebih dahulu bayi pada sayuran yang hambar, baru kemudian berikan buah yang manis, karena saat lahir, bayisudah dibekali untuk mengenal rasa manis. Oleh sebab itu, ia perlu memperlajari rasa lain dulu agar saat tumbuh besar nanti, ia tidak menolak jika diberikan makanan tidak manis.

MPASI cukup diberikan satu sampai dua kali saja dalam sehari, ya, Ma. Untuk porsinya, sesuaikan dengan usia bayi. Akan lebih baik diberikan pada saat makan pagi dan makan siang saja, supaya jika suatu waktu terjadi reaksi menyimpang bisa segera ditangani.

Selain itu, mungkin Mama sudah pernah mendengar 4 Days Wait Rule tapi belum mengetahui selengkapnya. 4 Days Wait Rule adalah cara paling mudah untuk mengetahui reaksi makanan seperti alergi, dan aturannya adalah:

– Selama 4 hari berturut-turut, berikan bayi makanan yang sama

– Jangan memperkenalkan lebih dari satu macam makanan baru dalam satu waktu, agar bayi tidak bingung ketika terjadi reaksi alergi. (anbf)

Source: www.parenting.co.id

 508 total views

LEAVE A REPLY