Pusat Kreatif Akan Dibentuk di Depok

0
698
ilustrasi ide
ilustrasi ide
ilustrasi ide

 

depoktren.com – Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan membentuk pusat kreatif di Depok, Jawa Barat. Sebelumnya Kemenparekraf telah membentuk pusat kreatif digital di daerah Sukaluyu, Bandung.

Seperti yang dilansir dari Antaranews.com dikatakan bahwa Depok dinilai sebagai titik yang strategis untuk pemusatan kreatifitas, pasalnya di Depok terdapat banyak perguruan tinggai yang artinya banyak mahasiswa yang sangat aktif dalam berkarya.

“Kenapa Depok karena salah satu pertimbangan banyaknya perguruan tinggi di wilayah itu mulai dari UI, Universits Gunadharma, Universitas Pancasila, dan lain-lain,” kata Direktur Kerja sama dan Fasilitasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Lolly Amalia Abdullah di Jakarta, Rabu.

Lolly menambahkan banyaknya mahasiswa yang berkarya menjadikan modal utama dalam perkembangan pusat kreatif ini. Depok sangat potensial selain karena SDM yang mumpumin, kini Depok sudah menjadi kota metropolitan yang mana sudah banyak investor berlomba-lomba untuk membangun usaha di Depok.
“Banyak pelaku bisnis yang memulai usahanya di Depok dan berhasil,” katanya.

Pusat kreatif ini bertujuan untuk menjadi tempat ekspresi, inkunbasi, diseminasi, dan inovasi bagi para calon wirausaha pemula. Pusat Kreatif juga akan memberikan ruang kepada individu, komunitas, dan usaha untuk mengeskpresikan kreativitasnya sehingga iklim kreatif tetap terpelihara.

“Ini juga akan menjadi tempat berkumpul pelaku kreatif. Ide-ide bisnis kreatif baru diyakini akan tumbuh ketika antar pelakunya sering berdiskusi dan sharing,” katanya.

Tempat itu menjadi tempat dan peluncuran produk kreatif baru dan tempat memamerkan karya.Di dalamnya juga akan ada fasilitasi pendaftaran HKI melalui klinik HKI, direktori inovasi, dan sentra inovasi.Inkubasi di dalamnya meliputi fasilitas kantor untuk usaha pemula, klinik konsultasi, workshop teknis-manajemen-kewirausahaan, pembiayaan, hingga business contact. (anbf)

 1,484 total views

LEAVE A REPLY