Sejarah May Day: Dari Perjuangan Hak Hingga Ideologi

0
386
Pawai Hari Buruh 2008
Pawai Hari Buruh 2008
Pawai Hari Buruh 2008

 

depoktren.com – May Day kini sudah menjadi hari libur nasional di Indonesia. May Day dikenal dengan Hari Buruh yang jatuh pada tanggal 1 Mei di seluruh dunia. Seperti yang dilansir dari wikipedia May Day diperingati di beberapa negara dengan menetapkannya sebagai ahri libur nasional.

Jika kita menilik sejarahnya maka May Day tidak terlepas dari peran gerakan serikat buruh yang berusaha untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. Peter McGuire dan Matthew Maguire adalah dua orang yang dianggap telah menyumbangkan gagasan untuk menghormati para pekerja. Pada tahun 1872 McGuire dan 100.000 pekerja mesin dari Paterson NewJersey melakukan aksi mogok untuk menuntut pengurangan jam kerja

Pada 5 september 1882 diadakan parade Hari Buruh pertama yang diadakan di kota New York dengan peserta 20.000 orang yang membawa spanduk bertuliskan 8 jam kerja, 8 jam istirahat, 8 jam rekreasi. Maguire dan McGuire memainkan peran penting dalam menyelenggarakan parade ini. Dalam tahun-tahun berikutnya, gagasan ini menyebar dan semua negara bagian merayakannya.

Di Indonesia sendiri sejarah peringatan May Day sempat mengalami masa fluktuatif yang tak menentu. Pasalnya pada masa kepemimpinan Soeharto May Day dianggap sebagai paham komunis yang sejak masa G30S dianggap hal yang tabu dan dihindarkan.

Namun dengan perjuangan yang sangat keras dan aksi turun jalan yang dilakukan setiap tahunnya akhirnya pada tahun 2013 pemerintah kembali memutuskan bahwa 1 Mei menjadi hari libur nasional seperti saat ini. (anbf)

 1,242 total views

LEAVE A REPLY