BPN Jaksel Buka Pelayanan di Hari Sabtu

0
1393

BPN Jaksel1depoktren.com-Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Selatan (BPN Jaksel) membuat terobosan inovatif yakni dengan membuka program Pelayanan Sabtu Cepat (Pesat). ”Kami memang tengah berbenah agar pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih maksimal,” kata Gembong Joko Wuryanto, Kepala Kantor (Kakan) BPN Jaksel, di Tanjung Barat, Jaksel, Sabtu (3/5).

Menurut Gembong, pelayanan Pesat sudah diberlakukan sejak Sabtu (26/4) dengan jam buka dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. ”Pelayanan Pesat untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat (Pemohon langsung, tanpa Surat Kuasa) yang tidak sempat mengurus hak-hak atas tanah di hari kerja,” terang Gembong.

Gembong mengatakan, langkah-langkah perubahan ini diambil sesuai Instruksi Kepala BPN RI Nomor 1/Ins/II/2013 tentang Percepatan Pelaksanaan Program Strategis Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Tahun 2013. ”BPN akan berarti kalau masyarakat percaya, trust building kepada institusi akan tercipta karena itu diperlukan profesionalisme. Kami ingin memberikan konstribusi yang terbaik untuk masyarakat,” tutur Gembong.

Lanjut Gembong, berbagai perubahan juga dilakukan BPN Jaksel mulai dari penataan bangunan kantor yang dibuat semakin nyaman dan asri, serta peningkatan pelayanan petugas BPN Jaksel kepada setiap masyarakat yang datang untuk mengurus permohonan hak atas tanah. Salah satu program pelayanan yang
lainnya yang cukup membantu masyarakat yakni pelayanan Night Service atau Pelayanan Malam Hari di waktu-waktu tertentu. Bahkan untuk mempermudah pengecekan berkas-berkas, pemohon bisa mengaksesnya melalui website www.kot-jakartaselatan.bpn.go.id.

”Dengan mengaktifkan pelayanan melalui website maka setiap berkas yang masuk di BPN Jaksel dapat dimonitor dari waktu ke waktu oleh setiap pemohon yang memasukan berkas permohonannya,” ujar Gembong yang menegaskan, pihaknya dituntut lebih profesional. Kalau sudah masuk web, tidak ada kata tidak untuk tidak dilayani khususnya yang memerlukan pelayanan legalisasi asset propertinya dalam bentuk Sertifikat Hak Atas Tanah.

Gembong juga mengungkapkan, dalam tahun ini, BPN Jaksel yang keberadaannya terpencil didalam areal kompleks Perumahan Tanjung Barat Indah akan membuat jalan masuk sendiri. ”Ini juga untuk mempermudah masyarakat mencapai Kantor BPN. Saat ini sudah dalam tahap pembahasan,” ungkapnya yang menambahkan, untuk proses pembukaan akses jalan masuk menuju ke kantor BPN Jaksel terletak di Jalan H. Alwi, Tanjung Barat, Jagakarsa, Jaksel.

Syamsu Rizal (48 tahun) mengaku senang adanya pelayanan di hari Sabtu. ”Pelayanan kantor BPN di hari Sabtu sangat membantu sekali, karena saya sangat sibuk di hari-hari biasa. Di hari Sabtu saya lebih santai mengurus surat-surat sertifikat,” tandasnya. @tono/dewi

 2,770 total views

LEAVE A REPLY