Orang Tua dan Pemrintah Dituntut Jamin Perlindungan Terhadap Anak

0
591

anak dimarahidepoktren.com-Orang tua dan pemerintah dituntut berperan menjamin perlindungan yang aman pada anak serta hukuman seberat–beratnya terhadap pelaku kekerasan anak. Demikian diutarakan psikiater RSUD Kota Depok dan RS Bunda Margonda Depok, dr Diana Papayungan SpKJ dalam seminar kesehatan dengan tema, “Mencegah Perilaku Sadistik Pada Anak dan Remaja” yang berlangsung di Depok, Sabtu (3/5).

Lebih jauh dijelaskan Diana ada beberapa faktor–faktor penyebab kekerasan pada anak. Pertama yakni adanya pewarisan kekerasan antar generasi ke generasi, kemudian stress sosial seperti pengangguran, penyakit, perumahan dan lingkungan yang buruk, selain itu sebagian besar kekerasan pada anak berasal dari keluarga miskin.

”Lalu adanya isolasi sosial, orang tua yang melakukan kekerasan pada anak cenderung terisolasi secara sosial, kemudian ada juga faktor struktur keluarga dimana orang tua tunggal lebih sering melakukan kekerasan pada anak atau pada orang tua yang mendominasi setiap keputusan penting,” ujar Diana.

Dilanjutkan Diana, terdapat faktor penyebab mengapa orang tua melakukan kekerasan pada anak. Pertama yakni karena anak tiri atau anak dengan kondisi cacat. Nilai sosial masyarakat bahwa anak harus patuh dengan mentolerir kekerasan fisik sebagai hukuman atas ketidakpatuhan anak.

”Mendidik anak menjadi disiplin harus dengan kekerasan fisik, persepsi ini harus diubah. Harus dengan cara lain. Misalnya reward dan punishment.,” kata Diana yang menambahkan, persepsi masyarakat bahwa urusan mendidik anak adalah urusan intern keluarga juga membuat kasus kekerasan orang tua pada anak terjadi. Tentunya kondisi mental emosional orang tua dan kondisi keluarga yang kacau dapat memicu kekerasan pada anak. @dewi

 1,553 total views

LEAVE A REPLY