Digelar Festival Situ Peringati Hari Air se-Dunia

0
401

situ-rawa-besar-newsdepoktren.com-Segera digelar Festival Situ dalam rangka memperingati Hari Air se-Dunia, Hari Bumi dan Hari Lingkungan Hidup. Festival Situ dengan tema “Air dan Bumi Masa Depan” ini direncanakan akan dilaksanakan sembilan hari, mulai 14-22 Juni 2014 di Situ Bojongsari, Depok, Jawa Barat (Jabar).

”Festival ini diadakan untuk menyadarkan masyarakat akan fungsi ekologis Situ, selain itu festival ini juga diharapkan mampu menarik investasi untuk mendukung pembangunan Situ yang ada di Kota Depok,” ujar Royhan Benasetya, Ketua Panitia Festival Situ Kota Depok 2014, Sabtu (3/5).

Menurut Royhan, Situ sebagai salah satu bentuk kawasan lindung yang mempunyai fungsi hidrologis, ekologis, dan konservasi harus dijaga dan dipelihara keberadaannya agar tidak beralih menjadi bentuk lain, untuk itu perlu adanya pemahaman kepada masyarakat.

”Sebenarnya tanpa kita sadari Depok memiliki potensi Situ yang baik, bagaikan harta karun yang terpendam namun kurang dimanfaatkan. Kami berharap Festival Situ yang pertama kali dilaksanakan tahun ini bisa menjadi agenda tahunan, dimana setiap tahun venue akan berpindah ke Situ Situ lain,” jelas Royhan.

Festival Situ akan berlangsung selama sembilan hari dengan melibatkan Pokja Situ serta berbagai Komunitas Kota Depok dan akan diramaikan dengan berbagai lomba, pameran karya Komunitas Hijau, penanaman pohon, tebar bibit ikan, bazar, seminar edukasi dari komunitas dan festival lampion. Hal yang menarik adalah adanya lomba permainan tradisional seperti permainan benteng, galasin, dan tagebok. Adanya perlombaan permainan tradisonal ini merupakan bentuk dukungan pelestarian terhadap permainan tradisional yang sudah sedikit terlupakan.

”Target pengunjung kami adalah pelajar tingkat Paud sampai mahasiswa, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta masyarakat umum. Nantinya mereka akan dilibatkan dalam penanaman 10.000 bibit pohon dan penyebaran 250.000 bibit ikan untuk menambah kualitas situ,” terangnya.

Komunitas yang terlibat dalam acara ini, lanjut Royhan nantinya akan memberikan seminar terkait dengan lingkup komunitas tersebut. ”Nantinya selama sembilan hari para komunitas akan bergantian untuk memberikan seminar edkuasi kepada masyarakat. Komunitas di Kota Depok turut kami undang juga, mereka akan kami berikan panggung untuk memberikan seminar edukasi sesuai dengan bidang mereka,” tuturnya.

Pemilihan Situ Bojongsari yang terletak di kecamatan Bojongsari, Depok, ungkap Royhan karena Situ tersebut memiliki luas kurang lebih 28,2 hektar dan merupakan Situ yang terbesar dari 26 Situ yang ada di Depok. Selain itu tata kelola Situ Bojongsari diharapkan dapat menjadi proyek percontohan pengelolaan Situ yang terpadu untuk Situ-Situ lain di Depok. @dewi/tono

 1,212 total views

LEAVE A REPLY