Inilah Sepeda Unik H Rasyidi

0
1183

rodabesar1

depoktren.com-Sepeda besutan H Rasyidi ini tergolong unik. Ukuran diameter roda belakang di modif dua kali lebih besar dibanding roda depan. Sehingga tampak putaran antara dua roda tak sama saat berjalan.

“Secara umum saat dikendarai sama saja. Tak beda dengan sepeda umumnya kok,” ujar H Rasyidi kepada depoktren beberapa waktu lalu saat ditemui di halaman balaikota Depok. Namun bagi yang belum terbiasa memang agak ganjil.

Pria berambut gondrong mengungkapkan yang paling sulit membuat ban. “Saya berkali-kali bereksperimen menyambung ban hingga akhirnya berhasil dan bisa dipasang pada pelk berdiameter sebesar ini,” ujarnya sambil menunjuk roda yang dimaksudkan.

Jika pelk juga disambung, demikian pula jeruji. Untuk menyesuaikan dengan ukuran diameter pelk, digunakan dua jeruji yang disambung. Sedang agar beban kayuh tidak berat, maka gir penggerak roda belakang juga dipasang dengan diameter yang sedikit lebih besar dibanding gir pedal.

Sepeda yang dimodif H Rasyidi ini merupakan tergolong produk langka dan Lawas. Merknya Bosh, produk Eropa. Pada bagian stang dipasang dua lampu sepeda lawas yang untuk menyamakannya dengan motor listrik yang digerakkan oleh roda depan. Ada pula asesoris lain yaitu bel atau klakson model lawas pula.

 

rodabesar2

Pria yang berdomisili di Parung ini mengaku sudah mengayuh sepeda uniknya ini ke berbagai tujuan di sekitar Jabotabek. “Pernah saya naiki hingga ke Monas,” ujarnya. Juga pernah ke Bekasi maupun Tangerang. Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail juga pernah mencoba menaiki sepeda unik ini.(ris)

 2,552 total views

LEAVE A REPLY