Perkembangan Otak Anak Perempuan Lebih Cepat Dibanding Anak Laki-Laki

0
2453
foto : tentangwanita.com
foto : tentangwanita.com
foto : tentangwanita.com

 

depoktren.com – Otak merupakan hal terpenting dari tubuh manusia. Sejak bayi dilahirkan hingga berusia 1 tahun terjadi pertumbuhan dna perkembangan otak yang sangat pesat. Masa ini biasa disebut dengan periode lompatan pertumbuhan otak.

Seperti dilansir dari tabliod-nakita.com rata-rata ketika baru baru lahir berat otak bayi adalah 350 gram besarnya 25% otak orang dewasa. Kemudian, menginjak 1 tahun bertambah menjadi 1.200 gram. Saat berusia 1 tahun otak bayi sudah mengandung 100 miliar sel neuron. Dari angka tersebut, sekitar 70-80% sel neuronnya telah terbentuk secara lengkap.

PERKEMBANGAN OTAK PEREMPUAN LEBIH CEPAT
Percepatan pertambahan berat otak setiap anak berbeda-beda, tergantung faktor genetik dan lingkungannya. Berdasarkan penelitian juga diketahui bahwa pertumbuhan dan perkembangan otak anak perempuan lebih cepat dibandingkan otak anak laki-laki. Sebaliknya, otak anak laki-laki lebih besar dibandingkan otak perempuan. Kenapa? Kemungkinan karena faktor genetik.

PERIODE PACU TUMBUH OTAK

Dalam perkembangan otak, ada periode yang dikenal sebagai periode pacu tumbuh otak (brain growth spurt), yakni saat dimana otak berkembang sangat cepat. Periode pacu tumbuh otak pertama dimulai ketika usia kehamilan ibu memasuki trimester tiga. Kedua, ketika si kecil lahir hingga ia berusia 2 tahun. Untuk itu, pada kedua periode tersebut dibutuhkan zat gizi yang baik guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak.

ASI EKSKLUSIF

Nah, agar pertumbuhan dan perkembangan otak maksimal, penuhi zat gizinya. Salah satu cara pemenuhan zat gizi pada periode kedua adalah melalui pemberian ASI eksklusif sejak hari pertamanya hingga usia 6 bulan. Komposisi zat gizi di dalam ASI demikian sempurna untuk memenuhi kebutuhan zat gizi sesuai tahapan tumbuh kembang bayi, bahkan untuk bayi yang lahir prematur sekali pun. Secara alami ASI mengandung zat-zat gizi yang secara khusus diperlukan untuk menunjang proses tumbuh kembang otak. Zat-zat gizi tersebut antara lain asam lemak esensial, protein, vitamin B Kompleks, kholin, yodium, zat besi dan zat seng.

OTAK KIRI ANAK PEREMPUAN LEBIH DOMINAN

Selain lebih cepat, ternyata otak kiri anak perempuan juga lebih dominan. Dr. Roger Sperry yang memenangkan hadiah Nobel dalam bidang obat-obatan dan fisiologi pada 1981 menemukan fungsi otak yang berbeda antara laki-laki dan perempuan. Dalam masa 16 dan 26 minggu kehamilan, sebuah fenomena terjadi pada bayi laki-laki (dalam 80% masa tersebut) yang tidak terjadi pada bayi perempuan. Dua jenis zat kimia dikeluarkan dari corpus callosum (kumpulan serat-serat yang menghubungkan otak kiri dan otak kanan) sehingga membuat otak kanan bayi laki-laki lebih dominan sejak dalam kandungan. Perempuan tidak mengalami hal seperti itu, maka itu otak kirinya lebih dominan.  (anbf)

 

 3,906 total views

LEAVE A REPLY