Job Fair Digelar Disnakesos Depok Untuk Atasi Pengganguran

0
214

job fairdepoktren.com-Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok,  berencana menggelar Job Fair yang berlangsung di Depok Trade Center (DTC), pada 21-23 Mei 2014.
Demikian dikatakan Kepala Disnakersos Pemkot Depok, Diah Sadiah di Balaikota Depok, Jawa Barat (Jabar), Rabu (7/5).

”Dengan adanya Job Fair diharapkan dapat menjaring 78.089 jumlah pengganguran. Kami hanya menjembatani pencari kerja,” ujar Diah yang mengungkapkan berdasarkan data Disnakersos terdapat sebanyak 78.089 warga Depok masih pengganguran.

Diah mengatakan ada 50 perusahaan, 20 perusahaan dari luar Depok dan 30 perusahaan dari Depok yang akan turut berpartisipasi dalam Job Fair yang sudah tujuh kali digelar ini. ”Diharapkan dengan adanya Job Fair sangat efisien dalam waktu serta biaya bagi para pencari kerja,” harapnya.

Menurut Diah, masalah pengganguran merupakan manifestasi dari belum efektifnya daya dukung ekonomi dan dapat menimbulkan masalah sosial bila kurang cepat penangganannya. Tantangan ini menjadikan bahan rumusan kebijakan publik untuk mencari solusi pemecahannya yaitu penyediaan kesempatan kerja atau lapangan pekerjaan, dimana laju pertumbuhan penduduk dan angkatan kerja yang mampu disediakan oleh para pelaku perekonomian relatif terbatas.

Kepala Bidang (Kabid) Lapenta Disnakersos Pemkot Depok, Sri Catur menjelaskan proses para pencari kerja dalam ajang Job Fair ini gratis tidak dikenakan biaya sepeserpun. Pesyaratannya pun cukup mudah, layaknya melamar pekerjaan seperti biasa yakni membawa berkas lamaran, dan berkas pendukung lainnya.

”Jangan membawa satu curriculum vitae (CV) saja tetapi usahakan banyak bawa CV karena akan ada banyak perusahaan. Untuk kualifikasi pendidikannya, mulai dari tingkat SMA hingga sarjana,” pungkas Sri. @ardiansyah/ris

 958 total views

LEAVE A REPLY