Inilah Baju Pengantin Khas Depok

0
4424

pengantindepok

depoktren.com-Depok juga punya gaya. Salah satunya soal baju penganten. Pingin tahu? Inilah baju penganten khas bagi kamu-kamu yang merasa warga kota Depok.

Baju penganten khas Depok didominasi warna putih dan hasil paduan pengaruh budaya China-Betawi dengan Arab (Timur Tengah). “Ini hasil lokakarya menggali seni-budaya Depok,” ujar HM Misbahul Munir, Kadin Pemuda, Olahraga, Seni dan Budaya Pemkot Depok.

Pengantin pria mengenakan jubah baju panjang mirip -gamis. Selain berrenda juga ada manik-manik pada bagian tengah serta celana panjang juga warna putih. Mengenakan topi Alpie dan sepatu selop juga warna putih.

Busana pengantin wanita berupa paduan tuaki berkerah Shanghai dengan baju kurung panjang hingga ke mata kaki. Juga memiliki renda dengan manik-manik berwarna keemasan. Pengantin wanita mengenakan bawahan berupa kain batik panjang.

Selain mengenakan hiasan kembang goyang dibagian kepala juga cadar Siangko keemasan. Dilengkapi selop warna putih. Tampak serasi dengan baju yang dikenakan penganten pria yang juga mengenakan selop putih.

“Busana khas Depok ini dikukuhkan menjadi pakaian resmi di wilayah Depok berdasarkan Peraturan Wali Kota Depok,” ujar Misbahul. Upaya ini merupakan upaya mengembangkan seni-budaya melalui penggalian unsur-unsur budaya yang telah berkembang di wilayah ini.

Misbahul Munir mengungkapkan unsur budaya Betawi sangat mempengaruhi masyarakat Depok. Sehingga busana khas Depok juga lebih diwarnai atau pengaruh budaya Betawi dibanding Sunda. Sedang untuk busana pengantin ada unsur Arab dan China selain juga erat pengaruh Betawi.(ris)

 7,887 total views

LEAVE A REPLY