Kantin Sehat, Siswa Pun Sehat

0
301
kantin sehat
ilustrasi

depoktren.com – Dinas Kesehatan Kota Depok mengadakan Seminar Hasil Jajanan Sekolah yang bertempat di Aula Balaikota Depok, Senin (12/5).

Dalam seminar ini dr. Devi Maryori, M.KM membahas tentang konsep kantin sehat yang ada di sekolah. Menurutnya tanggung jawab kantin sehat juga tidak hanya tanggung jawab masalah kantin juga tidak hanya di bawah Dinas Kesehatan akan tetapi Dinas Pendidikan juga perlu memperhatikan permasalahan kantin sehat karena dengan adanya kantin yang sehat para siswa pun akan terjaga kualitas kesehatannya. Dengan baiknya kualitas kesehatan siswa maka siswa pun akan dapat mengikuti proses belajar dengan baik.

Dalam seminar tersebut dr Devi menyampaikan bahwa kantin terbagi menjadi 2, yaitu kantin dengan ruangan tertutup dan ruangan terbuka. Keduanya, baik yang tertutup dan terbuka wajib mempunyai ruangan tertutup untuk persiapan dan pengolahan serta penyajian makanan dan minuman.

Untuk membangun kantin sehat yang perlu diperhatikan adala syarat bangunan, standar bangunan sehat harus sangat diperhatikan, sirkulasi udara yakni ventilasi, air bersih yang digunakan di kantin harus berasal dari PAM atau air sumur. Air yang sehat bebas dari mikroba dan bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan siswa, tidak berwarna dan tidak berbau.

Selain yang telah disebutkan di atas, tempat pengolahan atau persiapan serta penyajian juga harus diperhatikan. Tempat penyajian harus selalubtertutup agar makanan terlindung dari debu, serangga, dan hama lainnya.

Satu hal yang tak kalah penting adalah fasilitas sanitasi di kantin sekolah. Perlu adanya wastafel dengan sabun untuj cuci tangan, suplai air bersih yang cukup, bak cuci piring dan peralatan dengan air mengalir. Para karyawan kantin pun dihimbau untuk menjaga kebersihan dan menggunakan peralatan seperti celemek dan jika memungkinkan menggunakan tutup kepala menghindari tercecernya rambut karyawan di makanan yang akan dipesan siswa.

Uang adalah sumber kuman. Hal ini terkadang luput dari perhatian kita. Oleh sebab itu uang jangan sampai digabungkan dengan makanan.

Terakhir adalah pembuangan limbah. Tempat sampah wajib tertutup karena akan mengundang datangnya lalat. Jarak minimal antara kantin dengan tempat penampungan sampah sementara adalah 20 meter. (anbf)

 1,230 total views

LEAVE A REPLY