Komunitas Muldok : “Musang Bukan Hama!”

0
2095

C360_2014-05-11-11-15-46-989

 

depoktren.com – Komunitas Musang Lover Depok atau biasanya disingkat Muldok berdiri sejak 21 Juli 2012 dan hingga kini memiliki anggota aktif sekitar 50 anggota sedangkan member di Facebook telah mencapai angka 1.100an lebih.

Affar Prayanto, Wakil Ketua Komunitas Muldok, menjelaskan bahwa komunitasnya rutin mengadakan acara gathering untuk menjalin silahturahmi dan saling bertukar informasi tentang musang pada tiap hari Ahad. Sering pula diadakan event kontes untuk musang yang diikuti Komunitas Musang Lover Indonesia seperti yang akan diadakan nanti pada tanggal 15 Mei 2014 di Bogor.

Selain mengadakan gathering Komunitas Muldok juga sering mengadakan aksi sosial untuk pengumpulan dana dengan cara berkeliling dengan membawa musang masing-masing sebagai daya tarik kepada para donatur.

C360_2014-05-11-11-20-00-711

Musang sendiri, menurut Affar, sangat bisa menjadi jinak jika kita perlakukan dia dengan baik. “Musang bukan hama bagi manusia, biasanya kalo dapat dari kecil dan dirawat, musang akan sangat jinak”, jelasnya.

Komunitas ini memang dibentuk untuk mengkampanyekaan bahwa musang bukanlah ancaman dan hama bagi manusia seperti yang kebanyak masyarakat pikirkan. “Paradigma musang adalah hama yang ingin kami hilangkan”, tambah Affar.

Perawatan memelihara musang memang sedikit menguras dompet, rata-rata Affar menghabiskan sekitar tiga tarus ribu Rupiah untuk perawatan musangnya. “Tapi kalo udah cinta ya gak akan perhitungan”, jawabnya sambil tertawa.

Musang memakan buah-buahan namun terkadang ia juga perlu makan makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi dan juga ayam untuk menambah lemak di tubuhnya. Musang merupakan binatang asli Indonesia yang banyak macamnya seperti musang pandan yang jika sudah besar tubuhnya akan wangi seperti pandan, ada pula musang bulan, musang rase, trenggalung, binturong, dan lain sebagainya.

Jika anda bertemu dengan musang liar maka disarankan untuk tidak panik. Jika musang menggigit jangan coba-coba menariknya, karena musang memiliki taring yang cukup panjang, jika anda tarik dengan paksa itu akan menyebabkan kulit anda robek. Sebaiknya tetap tenang karena musang akan melepasnya sendiri atau mintalah bantuan orang lain untuk membuka moncong mulutnya.

Untuk bergabung dalam Komunitas Musang Lover Depok anda tak perlu memiliki musang, yang terpenting adalah cinta dan sayang kepada musang dan mau mengikuti acara kegiatan komunitas untuk menjaga silahturahmi antar anggota. (anbf)

 

 5,722 total views

LEAVE A REPLY