Edi ‘Karpet’ Maryono, Menikmati Empuknya Bisnis Penyewaan Karpet

0
1679

IMG_20140514_060552

depoktren.com-Jalan rejeki seseorang memang beragam. Ini pula yang dilakoni Edi ‘Karpet’ Maryono. Berkat menekuni penyewaan karpet, Edi mampu memenuhi kebutuhan keluarga bahkan juga untuk pundi-pundi usaha.

 

“Saya sudah delapan tahun menekuni usaha penyewaan karpet,” ujar Edi Maryono warga Karang Klasem, Purwokerto, Jateng. Saat ini order yang ditangani membentang sejak Blora di ujung timur Jawa Tengah hingga Ciamis, Jawa Barat.

 

Jasa Edi adalah melayani pemasangan karpet baik di luar ruang maupun dalam ruangan. Untuk luar ruang, pemasangannya dilakukan diatas valet atau flooring yang dia buat dari kayu abasia. “Ukurannya sesuai permintaan yang memberi order,” papar Edi.

 

Jasa Edi kini tergolong banyak di butuhkan. Baik untuk pesta maupun aneka acara yang dilakukan masyarakat maupun instansi. “Bahkan di desa-desa kini banyak yang minta disediakan karpet saat melakukan pesta nikah,” ujar dia. Selain itu permintaan juga datang dari penyelenggara pameran ataupun peresmian.

 

Sebagai gambaran untuk ukuran 6 x 7 meter persegi, biasanya diperuntukkan panggung, Edi mematok harga sebesar Rp. 350 ribu. Untuk ukuran lain harga sewa tinggal mengalikan dengan harga diatas. “Untuk diluar kota saya menambah ongkos transportasi saja,” ujar Edi.

 
Untuk kawasan Purwokerto khususnya dan Banyumas umumnya, Edi bak raja penyewaan karpet. Bahkan oleh Bupati Purwokerto, Edi mendapat julukan ‘Edi Karpet’. Masyarakat maupun siapapun yang membutuhkan penyewaan karpet umumnya mencari Edi.

 

Edi sudah mengenal betul seluk-beluk bisnis ini. “Resikonya karpet rusak karena rokok, kena minuman maupun tumpahan es krim,” ujarnya. Sedang kalau kena tanah biasanya hanya ditunggu hingga kering lalu di sikat. Namun karpet tidak bisa sering dicuci karena justri cepat rusak.

 

Selama ini permintaan yang paling banyak adalah untuk karpet warna merah dan abu-abu. “Warna abu-abu biasanya untuk acara pameran,” papar Edi yang kini memiliki 10 karyawan. Sedang untuk menempelkan pada valet ataupun lantai Edia biasanya menggunakan lakban dan paku.(ris)

 

 2,896 total views

LEAVE A REPLY