Postur Anak Tak Ideal? Coba Perhatikan 4 Hal ini

0
261

Tips-Mendapatkan-Tinggi-Badan-Ideal

 

depoktren.com – Banyak kita temui beberapa anak yang postur tubuhnya kurang ideal. Ternyata hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal yang kebanyakan berasal dari faktor luar dari si anak tersebut. Seperti yang dilansir dari parenting.co.id faktor tersebut antara lain adalah:
1.    Makanan. Kebutuhan gizi anakharus terpenuhi dalam jangka waktu panjang. Caranya dengan membuat perencanaan makan yang benar. Mulai dari jumlah kalori, jadwal makan dan jenis makanannya. Asupan kalsium, zinc, dan protein yang cukup akan memengaruhi pertumbuhan badan optimal, terutama pada usia dua tahun pertamanya.

2.    Beban berat. Sering membawa beban atau barang yang berat akan membuat anakcenderung membungkuk, punggung terbebani, tulang cepat rapuh, dan pertumbuhan badan menjadi tidak maksimal. Perhatikan saja apra atlet angkat besi, mayoritas tidak begitu tinggi, kan? Itu disebabkan karena mereka sering membawa beban yang berat.

3.    Obat peninggi badan. Obat peninggi badan memiliki kandungan hormon yang dapat merangsang pertumbuhan otot dan tulang. Pada awalnya, perkembangan anakmemang akan pesat dan tinggi badan akan naik drastis. Namun, nantinya justru akan terhenti (lebih cepat berhenti dibanding dengan temannya yang tumbuh normal tanpa obat pemacu). Efek sampingnya, tubuh malah menjadi pendek dan melebar.

4.    Kurang olahrag. Olahraga sangatlah penting bagi setiap orang, terutama anak-anak dalam masa pertumbuhan. Jika anakdisibukkan oleh banyak kegiatan di sekolahdan saat di rumah hanya berdiam untuk menonton TV atau bermain games sepanjang hari akan sangat berbahaya baginya. Kurang olahraga dapat menyebabkan perkembangan muskuloskeletalnya tidak maksimal sehingga nantinya berpengaruh buruk pada sendi, saraf, dan tulang. (anbf)

 791 total views

LEAVE A REPLY