Minyak Ikan, Sahabat Masa Pertumbuhan (2)

0
323

IMG_20140510_120345_edit

depoktren.com-Ada dua masa kritis perkembangan janin dalam kandungan. Pada dua masa kritis inilah dibutuhkan asupan asam lemak esensial dan Omega 3 guna mendukung proses pertumbuhan janin.

 
Pertama sejak minggu pertama hingga minggu ke tujuh atau periode embrio. Periode kedua terjadi sejak awal minggu ke delapan hingga saat kelahiran. Periode ini saat berlangsungnya penyempurnaan proses tumbuh kembang organ tubuh yang telah dibentuk pada periode sebelumnya.

 

 

Pemenuhan gizi yang baik sangat diperlukan bagi wanita hamil. Salah satunya adalah minyak ikan. Sebab, minyak ikan mengandung 25 persen asam lemak jenuh dan 75 persen asam lemak tak jenuh.

 

 

Kandungan asam lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fatty acid/PUFA) sangat berperan membantu proses tumbuh kembang otak atau kecerdasan. Selain itu juga untuk perkembangan indera penglihatan, sistem kekebalan tubuh bayi dan balita.

 

 
Ada dua jenis PUFA yang sangat terkenal yaitu DHA dan EPA. Gabungan atau konfigurasi atom karbon keduanya inilah yang juga dikenal sebagai Omega 3.

 

 
Ada beberapa jenis ikan laut yang kaya kandungan Omega 3, antara lain salmon, tuna, sardin dan makerel. Selain itu minyak ikan juga tersedia dalam berbagai bentuk produk suplemen yang terbuat dari ikan laut dari laut dalam seperti salmon dan cod. Ikan cod merupakan nomor dua terbanyak yang mengandung minyak ikan.

 

 

 

Meski minyak ikan bisa dijumpai dalam bentuk suplemen, namun ikan tidak tergantikan “Suplemen minyak ikan tidak menggantikan kebutuhan akan ikan. Karena ikan tidak hanya mengandung Omega 3 namun juga mengandung zat penting lainnya,” papar dokter Cindi.

 

 

 

Sebenarnya untuk mendapatkan Omega 3 tidak selalu harus mengkonsumsi suplemen minyak ikan. Sebab selain ikan laut, Omega 3 juga terdapat pada olive oil. Saat memasak salad sayur maupun salad buah, bisa saja ditambahkan olive oil guna mendapatkan Omega 3.(ris/parentguide/habis)

 

 804 total views

LEAVE A REPLY