Pelayanan BPN Depok Ada Seram dan Larasita

0
710

BPN DEPOK1depoktren.com-Kantor Bandan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok, Jawa Barat (Jabar) melakukan terobosan inovatif yakni dengan membuka program Pelayanan Serifikat Rabu Malam (Seram). ”Tujuan agar kami dapat memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Sofie, Kepala Tata Usaha (TU), Kantor BPN Depok, Rabu (14/3).

Menurut Sofie, pelayanan Seram sudah diberlakukan sejak Rabu 14 Mei 2014 dengan jam buka dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. ”Pelayanan Seram untuk memberikan pelayanan ke pemohon langsung, tanpa Surat Kuasa hak-hak atas tanah atau sertifikat yang tidak sempat pada siang hari, bisa diurus pada setiap Rabu malam,” terangnya.

Sofie mengatakan, langkah-langkah perubahan ini diambil sesuai Instruksi Kepala BPN RI Nomor 1/Ins/II/2013 tentang Percepatan Pelaksanaan Program Strategis Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Tahun 2013. ”Pelayanan Seram untuk mempermudah pengecekan berkas-berkas, pemohon bisa mengaksesnya melalui website www.kot-jakartaselatan.bpn.go.id,” imbuhnya.

Dengan mengaktifkan pelayanan melalui website, lanjutnya maka setiap berkas yang masuk di BPN Depok dapat dimonitor dari waktu ke waktu oleh setiap pemohon yang memasukan berkas permohonannya.

”Pihaknya dituntut lebih profesional. Kalau sudah masuk web, tidak ada kata tidak untuk tidak
dilayani khususnya yang memerlukan pelayanan legalisasi asset propertinya dalam bentuk Sertifikat Hak Atas Tanah,” pungkasnya.

Kepala Kantor BPN Depok, Dadang M Fuad mengatakan demi meningkatkan layanan kepada masyarakat dengan pelayanan cepat dan murah sesuai restribusi, BPN Kota Depok telah mengaktifkan kembali layanan pertanahan jemput bola melalui program Layanan Rakyat untuk Sertifikat Tanah (Larasita).

”Program Larasita merupakan program pro-rakyat akan terus ditingkatkan baik dari sisi kualitas
maupun kuantitasnya. Kami akan terus memberikan pelayanan prima, ramah dan cepat. Hanya butuh lima hari pengurusan sertifikat dijamin selesai,” jelas Dadang.

Menurut Dadang, dengan kendaraan mobil keliling, jajaran BPN Kota Depok melaksanakan program Larasita dengan mendatangi langsung tempat tinggal masyarakat, baik di desa-desa maupun tempat-tempat yang jauh dari kantor BPN, untuk melakukan layanan pembuatan sertifikat dan masalah-masalah pertanahan lainnya atau hanya sekedar konsultasi. @ardian

 1,280 total views

LEAVE A REPLY