Jangan Remehkan Anemia

0
180

Anemia
depoktren.com-Anemia atau kurang darah sering kita dengar sehari-hari sehingga seperti hal yang biasa. Namun, jika Anda sedang hamil atau berencana hamil sebaiknya jangan sepelekan kondisi ini. Sebab, anemia bisa menyebabkan kematian saat melahirkan.

 

Anemia adalah suatu kondisi sel darah merah rendah. Padahal, sel darah merah adalah pembawa oksigen ke seluruh tubuh. WHO mengungkapkan seseorang dikatakan anemia jika nilai hemoglobinnya (Hb) kurang dari 11 mg/dl darah.

 

Menurut dr Inge Permadhi MS SpGk, penyebab anemia antara lain adalah asupan makanan kurang baik, mengalami kehamilam kembar, jangka waktu kehamilan yang tergolong dekat, penyakit infeksi serta rendahnya cadangan zat besi yang terkandung dalam tubuh ibu selama hamil.

 

Anemia bisa membahayakan ibu hamil maupun janin yang dikandungnya jika tidak segera ditangani. Pada ibu bisa menyebabkan berat badan susah naik, keguguran (abortus), penyulit kehamilan, nifas dan pasca melahirkan.

 

 

Sedang terhadap janin bisa membuat berat badan lahir rendah (BBLR), bayi prematur, bayi lahir dengan anemia dan penyulit setelah lahir seperti gagal tumbuh dan kecerdasan rendah.
Anemia juga bisa mempersulit penghentian pendarahan usai melahirkan.

 
“Ibu melahirkan disuntikan sesuatu ke dalam tubuh untuk membantu menghentikan pendarahan. Namun pada ibu yang anemia, suntikan itu tidak bereaksi sehingga pembuluh darah tidak menyempit yang membuat pendarahan terus terjadi,” ujar dokter Inge. Inilah yang mengkhawatirkan.(ris/parentsguide)

 

 

 736 total views

LEAVE A REPLY