Wando Pirastro, Pengamen yang Rela Berbagai Ilmu Main Biola (1)

0
825

wandooke

depoktren.com-Rambutnya gimbal, kumis tebal melintang diatas bibir. Senang mengenakan jeans serta kaos oblong warna hitam. Itulah gambaran sepintas Wando Pirastro, seniman jalanan yang kini banyak berbagai ilmu main biola.

 

 

Siang menjelang sore setiap Sabtu dan Minggu, Wando menghabiskan waktunya di halaman gedung Baleka yang berada di kompleks Balaikota, Depok. Bersama anggota komunitas Autodidact Violin Community (AVC) Depok Wando berbagai ilmu musik.

 

 

Wando adalah penggagas sekaligus penggiat komunitas ini. Inilah komunitas biola yang terbuka bagi siapapun. “Sejak awal saya ingin agar siapapun bisa bermain biola dengan murah dan mudah,” ujar Wando yang mengawali komunitas ini dari stasiun Depok Baru.

 

 
Wando yang mengaku bermain musik dari jalanan alias pengamen, belajar main biola secara autodidak. Meski sempat dibiayai oleh kenalan baiknya kursus musik, namun lelaki asal Surabaya ini banyak menimba ilmu musik dari pengalamannya sebagai pengamen. Ini pula yang melatari ingin berbagi main musik.

 

 
Seperti sore itu, sambil menghentikan salah satu kaki dan alat penanda ketukan, Wando melatih dasar-dasar memainkan biola untuk beberapa orang. Ada anak yang baru kelas 4 SD, ada pula ibu-ibu yang sudah lulus pasca sarjana.

 

 

“Mereka harus berlatih memainkan biola sejak dari paling dasar,” ujar Wando mengenai anak didiknya. Selain diberi buku berlatih biola hasil karangan C Suzuki, mereka juga dilatih mengenak irama, ketuka serta teknik memainkan biola secara benar.(ris/bersambung)

 

 2,742 total views

LEAVE A REPLY