Yuk Olahraga, Agar Terhindar Resiko Kanker

0
168

Olahraga-PG
depoktren.com-Selain membuat jantung sehat dan tulang kuat, berolahraga secara teratur bagi wanita juga mengurangi resiko terkena kanker payudara. Inilah hasil studi yang publikasi Jurnal Cancer.

 

 

Sebuah studi terhadap lebih dari 3.000 perempuan dari Long Island, New York, menemukan bahwa wanita yang setidaknya berolahraga ringan 10 sampai 19 jam per minggu selama tahun-tahun reproduksi mereka 30 persen lebih rendah terkena risiko kanker payudara.

 

 

Para wanita itu berusia antara 20 dan 98 yang berpartisipasi dalam Proyek Studi Kanker Payudara Long Island. Inilah satu rangkaian studi yang didanai pemerintah yang dilakukan untuk menyelidiki penyebab kanker payudara di kawasan tersebut.

 

 
“Kami tidak melihat penurunan risiko pada masa sebelum kelahiran pertama,” kata Lauren McCullough ketua penulis riset, seorang kandidat doktor di Sekolah Kesehatan Masyarakat Gillings UNC. Ada hubungan kuat yang terlihat pada wanita menopause, yang sangat sejalan dengan penelitian lain.

 

 

Sebuah studi terpisah yang diterbitkan oleh para peneliti di Fred Hutchinson Cancer Research Center menemukan bahwa perempuan menopause yang kehilangan berat badan melalui olahraga dan diet yang sehat dapat menurunkan risiko kanker payudara mereka.

 

 
Studi terakhir menyimpulkan karena mereka kehilangan jaringan lemak yang dapat mengurangi jumlah dua hormon yang terkait dengan kanker payudara.

 

 

McCullough dan rekan-rekannya menemukan dalam penelitian bahwa berat badan juga berperan dalam hubungan antara olahraga dan risiko kanker payudara. Namun, kenaikan berat badan terlalu banyak ternyata dapat menghilangkan beberapa manfaat olahraga.(ris/parentsguide.co.id)

 

 

 554 total views

LEAVE A REPLY