Jalan Klonengan, Sentra Burung Berkicau Depok

0
313

20140520_173316

depoktren.com – Kios penjual burung berkicau berjejer di Jalan Baru Klonengan, jalan yang menghubungkan antara jalan Dewi Sartika dan Arif Rahman Hakim tepat di samping rel kereta api. Jalan yang kini sudah dirapikan itu menjadi sentra penjualan burung berkicau. Sepanjang jalan tersebut anda akan melihat berbagai macam burung asal Indonesia yang dijajakan di tempat ini.

Komarudin atau yang biasa dipanggil Bang Gondrong ini telah lama menjadi penjual burung berkicau. Diawali dari hobi dan kecintaannya kepada burung ia mencoba peruntungannya di jual beli burung berkicau.

Awalnya ia hanya menjual dua burng yang dititipkan di teman sejawatnya saat datang di Depok. Pria yang berasal dari Tegal ini dulunya memang sudah menjual burung berkicau di Slawi, Tegal, namun saat sudah dirasa tak potensial ia hijrah ke Depok. Kini ia telah membuka satu kios dengan berbagai macam burung berkicau.

“Saat ini burung Murai, Kacer, dan Tiblek yang sedang dicari orang”, ungkapnya.

Ia mengaku penghasilannya kini dapat mencapai 6 juta perbulan. Suka duka yang ia rasakan selama menjual burung berkicau sangat banyak, tapi ia mengingatkan untuk tidak pernah takut untuk berdagang burung.

“Jual burung ya untungnya pasti, yang bikin rugi itu kalo burungnya ada yang mati, apalagi kalo burung yang mahal”, jelasnya.

Untuk harga yang ditawarkan rata-rata untuk burung bahan (burung yang baru ditangkap dan belum dapat beradaptasi dengan lingkungan) sekitar 25.000 paling murah untuk yang kecil, tapi jika sudah jadi (sudah jinak) bisa sampai 350.000. Harga tergantung jenis burung , semakin langka semakin mahal, semakin jadi dan sering menang lomba makin mahal.

Komar berharap sentra burung berkicau ini dapat terus bertahan karena sudah banyak dikenal dan diketahui oleh masyarakat. Pemerintah juga perlu mendukung sentra ini. “Jangan malah diotak atik, dipindah terus”, katanya.

Bagi anda yang berminat dan mencari burung berkicau silahkan datangi sentra burung berkicau Depok yang lengkap menjual aneka burung asal Indonesia. (anbf)

 

 750 total views

LEAVE A REPLY