Inilah Sepeda Motor Gas Elpiji Bikinan Siswa SMKN 4 Medan

0
385

Spdmotorgas

depoktren.com-Sepeda Motor tak harus berbahan bakar bensin. Siswa SMKN 4 Medan berhasil memodifikasi menjadi sepeda motor dengan bahan bakar gas elpiji 3 kg.

 

 
Karya mereka dipamerkan pada Pekan Inovasi Sumatera Utara 2014 di Gedung Serbaguna Jalan William Iskandar, Medan. Motor ciptaan siswa SMKN 4 tersebut mampu melakukan perjalanan sejauh 210 km hingga 250 km.

 

 

Agar bisa memanfaatkan gas elpiji, mereka memodifikasi karburator pada sepeda motor. Lubang saluran Lubang yang ditutup yaitu saluran masuk bahan bakar bensin dan saluran pembuangan bahan bakar bensin berlebih.

 

 

 

Sedangkan untuk saluran masuk udara dilakukan modifikasi dengan melepas saringan udara. Untuk mengganti fungsi saringan udara ini, maka pada venturi dipasang sebuah penutup. Pada penutup ini dibuat dua buah lubang kecil sebagai saluran masuk udara.

 

 

 

Untuk mengatur debit gas LPG yang masuk ke karburator maka digunakan dua buah kran yang bekerja secara terpisah. Kran pertama untuk starter mengatur masuknya gas cukup untuk mulai menyalakan mesin. Kran pengatur debit ke dua mengatur masuknya gas sesuai kecepatan yang diinginkan.

 

Selain SMKN 4 Medan, sejumlah murid SMK lainnya serta beberapa individu juga pernah melakukan modifikasi motor menjadi berbahan bakar gas. Seperti di Lamongan dan Sidoarjo di Jawa Timur, SMKN Kendal, Jawa Tengah, di Malang, Bandung dsbnya.(ris/dbs/antarafoto)

 

 1,383 total views

LEAVE A REPLY