4 Hal yang Dinilai Jika Depok Inginkan Penganugerahan Baksyacaraka

0
298

20140526_160343

depoktren.com – Senin (26/5/2014), Pemerintah Kota Depok mendapat kunjungan dari Tim Penilai Anugerah Baksyacaraka yang digelar oleh Kementrian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat. Penganugerahan ini berdasarkan instruksi presiden No. 6 Tahun 2009 dan Menkokesra ditunjuk secara langsung sebagai ketua pelaksana terselenggaranya program ini.

 

Dalam penilaian ini para tim penilai dari Kemenkokesra disambut langsung oleh Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail, yang kemudian dilanjutkan dengan meninjau lokasi penilaian dan didampingi secara langsung oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Seni dan Budaya, Misbahul Munir.

 

Hasan Sulaiman, Tim Penilai dari Kemenkokesra, menjelaskan bahwa tujuan utama dari penganugerahan Baksyacaraka adalah untuk meningkatkan secara konkrit budaya ekonomi kreatif di masyarakat dan ekonomi kreatif itu sendiri bisa berkembang dengan cepat.

 

Baksyacaraka dibatasi hanya dalah hal budaya atau lebih tepatnya perilaku masyarakat di suatu kota atau daerah dalam hal perkembangan ekonomi kreatif karena menurutnya dalam bidang ekonomi sudah dalam lingkup Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu sendiri.

 

Hasan juga menjelaskan ada 4 aktor utama yang akan sangat berpengaruh dalam pengembangan ekonomi yang sering disebut dengan ABGC, academician (akademisi), business man (pebisnis), goverment (pemerintah), dan terakhir community (komunitas).

 

Ada 4 komponen yang dinilai untuk penganugerahan ini, antara lain adalah sebagai berikut:

pertama, sektor ekonomi kreatif yang hadirnya tidak mengabaikan sektor ekonomi non kreatif.

Kedua, sinergitas keempat aktor apakah berjalan berdampingan dengan fungsinya masing-masing dan berusaha memajukan ekonomi tersebut.

ketiga, pengembangan budaya ekonomi kreatif. Dalam hal ini lebih dititikberatkan kepada pendidikan dan juga teknologi. Karena dua hal ini dinilai mampu untuk mempercepat pengembangan ekonomi kreatif.

keempat, komunitas dan kelembagaan. Tim penilai akan melihat prospek keberlanjutan dari lembaga tersebut dalam hal meningatkan budaya ekonomi kreatif. (anbf)

 

 

 786 total views

LEAVE A REPLY