Terapkan Disiplin kepada Anak Sejak Dini

0
249

Disiplinkan_Anak_dengan_Cara_yang_Etis-lapakbunda-165-pic-news320x240

depoktren.com – Anak merupakan amanah bagi pasangan suami istri. Pola pengasuhan sangat menentukan karakter si anak pada masa yang akan datang. Anak yang dibesarkan dan diberikan disiplin dengan penuh cinta kasih biasanya akan lebih bahagia, lebih akrab, dan berperilaku lebih baik.

 

Untuk menerapkan disiplin pada anak, depoktren akan berikan beberapa tips. Berikut tips tentang teknik yang baik dan efektif untuk menerapkan disiplin pada anak:

 

1. Buatlah hubungan saling menghormati antara Anda dan anak.

 

Menghormati anak Anda akan menumbuhkan hubungan saling mencintai dan saling percaya.

 

2. Miliki rasa empati.

 

Hormati perasaan anak dan ajari mereka untuk menghormati perasaan orang lain juga. Ajak anak berdiskusi dengan menanyakan apa yang akan orang rasakan atas tidakan yang anak lakukan.

 

3. Kenali usia dan tahapan perkembangan anak.

 

Memahami tahap perkembangan anak dan mengapa anak-anak berperilaku seperti yang mereka lakukan sangatlah penting.

 

Misalnya, Anda tidak bisa mengharapkan anak berumur 2 tahun untuk memahami mengenai logika dan alasan. Oleh karena itu, pahamilah kemampuan dan disiplin sesuai tahap perkembangan anak.

 

4. Ajak anak berbicara dari hati ke hati.

 

Time in, not time out. Ketika anak berperilaku tidak baik, mereka sebenarnya ingin mengatakan sesuatu. Daripada membuat anak semakin menjauh dari Anda, coba dekati dan tanyakan dengan lembut apa yang sedang mereka rasakan.

 

Dengan melakukan hal ini, Anda bisa menghilangkan perilaku nakal anak. Anda akan belajar mengapa anak melakukan perilaku tersebut dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. (anbf)

 605 total views