Tingkatkan Kompetensi Guru, depoktren.com Adakan Pelatihan Jurnalistik

0
313

20140528_150302

depoktren.com – Rabu (28/5/2014), depoktren.com berkerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Depok mengadakan pelatihan jurnalistik yang diperuntukkan untuk guru-guru di Kota Depok. Pelatihan ini bertempat di Circle Cafe Depok Town Square.

 

Guntur Subagja, Publisher depoktren, menjelaskan dalam bahwa kegiatan ini dikhususkan untuk para guru di Depok agar dapat menjadi jembatan antara pendidikan dan jurnalistik yang pada dasarnya tidak terpisahkan. Pendidikan dan jurnalistik adalah dua hal yang saling berkaitan, karena dalam dunia pendidikan karya tulis merpakan salah satu unsur yang sangat penting.

 

Berangkat dari hal tersebut, depoktren menggagasa pelatihan yang akan berlansung secara continue tidak hanya pelatihan untuk guru-guru saja namun ke depannya akan mentargetkan pada siswa atau pegawai di pemerintahan.

 

Pelatihan ini terbagi dalam 4 sesi. Pertama adalah pelatihan dasar-dasar jurnalistik dan cara mudah menulis yang diisi oleh Anif Punto Utomo, Wartawan Senior & Penulis Buku. Sesi kedua dengan pembahasan “Mengapa guru harus bisa menulis?” berlaku sebagai nara sumber Farly SMS, entertainer, motivator, komedian.

 

Sesi ketiga dengan tema “Mengenal jurnalistik televisi & media elektronik”, hadir sebagai nara sumber Widayat Noeswa, Produser Indosiar. Dan sesi terakhir adalah “Jurnalisme warga (citizen journalism) & pengelolaan redaksi depoktren.com , berlaku sebagai nara sumber Aris Eko Sediono, Pemimpin Redaksi depoktren.com.

 

Hadir untuk membuka pelatihan jurnalistik Kepala Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan Dinas Kota Depok, Siti Chaerijah A. Siti yang memang merupakan keluarga jurnalis mengaku mengapresiasi kegiatan ini.

 

“Ini merupakan upaya untuk peningkatan profesional guru, karena guru dituntut untuk dapat menulis. Selain itu diharapkan akan dapat meningkatkan pelayanan di sekolah”, ujar Siti.

 

Menurutnya, kemahiran dalam menulis adalah hal yang harus dimiliki oleh setiap guru, terlebih lagi jika guru tersebut menginginkan kenaikan pangkat karena karya tulis merupakan salah satu indikator penilaian dalam kenaikan pangkat.

 

Harapannya adalah semua komponen dalam pendidikan dapat mengerti dan memahami cara menulis atau jurnalistik karena dengan jurnalistik dapat menjadi jembatan bagi siapapun untuk menyebarkan atau mendapatkan informasi. (anbf)

 

 879 total views

LEAVE A REPLY