Radiasi HP Dapat Picu Kebakaran di SPBU.

0
327

20140529_071059

depoktren.com – Banyak hal berbahaya yang kadang kurang kita sadari padahal yang menurut kita sepele bisa berakibat sangat fatal. Salah satunya adalah menggunakan handphone saat kita mengisi bahan bakar minyak di SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum).

 

Perlu kita ketahui bersama bahwa penggunaan hape dapat menimbulkan radiasi yang dapat memicu kebakaran. Oleh sebab itu Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok akan memberikan himbauan kepada pemilik SPBU maupun pengunjung atas perilaku inj.

 

Kepala Damkar Kota Depok Yayan Harianto mengatakan bahwa saat ini tidak ada larangan keras dari pihak SPBU kepada pengunjung yang bermain telepon genggam ketika berada di lokasi tersebut. “Kebakaran mudah terjadi jika pengunjung tetap menggunakannya ketika akan melakukan pengisian bahan bakar minyak (bbm) pada kendaraannya. Sehingga kami akan melakukan peringatan kepada seluruh elemen yang ada di SPBU,” tutur Yayan.

 

Radiasi handphone (HP) mampu menyambar gas yang terdapat pada bbm. Hal tersebut dapat menimbulkan percikan gas dan menyebabkan terjadinya kebakaran. Hal tersebut dapat merugikan pengunjung lain serta warga sekitar.

 

Yayan menambahkan, himbauan ini seharusnya dilakukan oleh pengurus SPBU setempat. Namun pada kenyataannya, hingga saat ini mereka tidak melakukan larangan secara langsung, hanya berupa stiker.

 

“Jika ada pengunjung yang sedang antri ingin mengisi bbm dan mereka mengeluarkan HP, pihak SPBU harus menegur dengan keras,” tutur Yayan. (anbf)

 857 total views

LEAVE A REPLY