Ajarkan Anak Tentang Perbedaan Sejak Dini

0
429

perbedaan

depoktren.com – Perbedaan dalam kehidupan adalah sebuah realita yang terkadang banyak orang menjadikannya sebuah permasalahan, tak terkecuali anak kecil. Ternyata sedari usia dini mereka telah sangat peka dengan adanya perbedaan perbedaan yang ada di sekitar mereka.

Kata Claire Lerner, spesialis perkembangan anak dari lembaga Zero to Three, anak-anak berumur 3-4 tahun memang ahli­nya­­ mendeteksi perbedaan. Diam-diam, sambil bermain, dia mengamati hal-hal yang ada pada diri kawannya dan membandingkan dengan kondisinya sendiri di rumah.

Perbedaan kondisi keluarganya dengan keluarga temannya akan menjadi sebuah pertanyaan besar di dalam diri si kecil. Jawaban seperti apa yang harusnya kita berikan sebagai orang tua?

“Ini adalah saat yang tepat untuk memperkenalkan kepada mereka bahwa tipe keluarga itu ada banyak jenisnya,” ujar Claire. “Yang perlu digarisbawahi dalam percakapan tentang hal ini adalah bahwa perbedaan itu bukanlah suatu hal yang buruk dan membuat malu. Berikan contoh tentang hal-hal di rumah yang Anda anggap istimewa, lalu ajak pula anak menyebutkan hal-hal yang disukainya tentang keluarga Anda,” jelasnya.

Jika topik pembicaraan mengarah pada kondisi keuangan keluarga, maka bersikaplah terus terang kepadanya. Katakan bahwa memang ada keluarga yang punya lebih banyak uang daripada keluarga yang lain, sehingga bisa membeli barang-barang yang harganya mahal.

“Hal terpenting ketika berbicara tentang perbedaan kepada anak-anak adalah bahwa Anda mesti bersikap jujur pada si kecil. Tak perlu menyangkal hal-hal yang secara kasat mata sudah bisa diketahuinya sendiri. Pada saat bersamaan, bangun­ pula rasa percaya dirinya agar dia merasa nyaman dan puas terhadap kondisi keluarganya saat ini,” Claire menjelaskan. (anbf)

 808 total views

LEAVE A REPLY