Depok Teliti Ikan Ringau Di Kapuas Hulu

0
3227

100_Datnioides polota

 

depoktren.com – Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Ikan Hias Kota Depok melakukan kunjungan Dinas Perikanan Kapuas Hulu dalam rangka kerjasama terkait penelitian Ikan Ringau pada Rabu lalu (28/5/2014) seperti yang dilansir dari Pontianak.com.

Musa, salah satu Peneliti Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Ikan Hias Kota Depok menjelaskan ikan Ringau bernilai sangat ekonomis dan juga memiliki daya saintis. “Ekonomis itu karena ikan ini memiliki harga tinggi dan saintis, ikan ini memiliki tantangan sendiri karena sulit untuk dibudidayakan,” katanya.

Kapuas Hulu merupakan sumber ikan Ringau terbesar oleh sebab itu pihaknya memilih Kapuas Hulu untuk bekerjasama dalam penelitian ini dan mengembangkannya di BBI Klansin disini. Musa juga menjelaskan kerjasana tersebut berupa pertukaran ilmu seperti ilmu yang telah diterapkan di Depok yakni teknologi induksi jormone, teknologi untuk pengatan kelamin, telur dan sperma. “Ini kerjasama yang saling mendukung bukan hanya dari dinas ini saja yang butuh, tapi dari kami juga butuh,” ucapnya.

Risma, Kepaa Dinas Perikanan Kapuas Hulu, menjelaskan saat ini kedatangan pihak Depok telah mencapai tahap membicarakan sarana dan prasarana yang harus dipersiapkan. “Seperti alat pemijahan ikan dan alat-alat lain untuk mendukung kerjasama ini,” paparnya.

Risma mengatakan Untuk 2014 ini, pihaknya memang baru melakukan kerjasama dalam pembudidayaan ikan Ringau terlebih dahulu, namun tidak menutup kemungkinan jika kerjasama ini berhasil, maka kerjasama dalam pembudidayaan ikan lainnya bisa dibangun lagi.”Kalau kerjasama ini berhasil, kita juga akan coba kembangkan budidaya ikan Botia, Belida bahkan ikan untuk konsumsi kita akan kembangkan,” paparnya.

Lanjutnya, dalam kerjasama yang dibangun dengan Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Ikan Hias Depok, pihaknya akan mencoba separuhnya terlebih dahulu untuk melihat perkembangan lebih lanjut, sementara sisanya lagi akan menjadi stok tersendiri. “Selama ini untuk ikan Ringau sendiri, memang belum dibudidayakan disini,” ucapnya.

Untuk kerjasama yang dibangun nanti, dirinya mengharapkan membawa dampak positif bagi perkembangan budiya ikan itu tersendiri sehingga bisa membantu perkembangan ekonomi masyarakat kecil.Maka untuk itu pihaknya mengaharapkan terus dukungan dari pemerintah demi mengsupport apa yang dilakukan oleh Dinas Perikanan demi mengembakan dan membudidayakan ikan-ikan bernilai ekonomi tinggi yang ada di Kapuas Hulu. (anbf)

 

 5,120 total views

LEAVE A REPLY