Ini Dia Manfaat Donor Darah Secara Rutin

0
528

donor_darah1

 

depoktren.com – Kegiatan donor darah sudah semakin ramai dilakukakan oleh beberapa lembaga atau organisasi sosial. Selain untuk membantu mereka yang membutuhkan darah, ternyata donor darah juga mempunyai manfaat untuk tubuh kita lho. Mau tahu apa saja manfaat dari donor darah, yuk kita simak penjelasannya.

Pertama, dengan mendonor darah secara rutin bisa menurunkan resiko serangan jantung dan kanker. Hal tersebut dikarenakan menurunnya kadar zat besi dalam darah. Kadar zat besi yang tinggi dapat mempengaruhi kekentalan darah dan ini bisa mempercepat pembentukan kolesterol.

Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of the American Medical Association menyebutkan kelompok orang-orang berusia antara 43 – 61 tahun yang rutin jadi donor darah tiap 6 bulan lebih jarang terkena stroke dan serangan jantung.

Kedua, dari Journal of the National Cancer Institutejuga mengaitkan masalah tingginya zat besi dapat beresiko kanker karena zat besi diyakini berperan dalam kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.

Ketiga, ada yang mengatakan bahwa dengan donor darah tubuh kita akan membakar kalori lebih banyak akibat harus bekerja mengganti sel-sel darah merah yang diambil. University of California San Diego memperkirakan sekitar 650 Kalori dibakar untuk tiap 570 ml darah yang diambil.

Terakhir, dengan donor darah anda juga dapat sekaligus mencek darah dan kesehatan anda. Sebelum darah diambil, petugas akan melakukan pemeriksaan kesehatan seperti mengukur berat badan, tekanan darah, denyut nadi dan kadar hemoglobin, plus Anda akan diberitahu jika setelah diperiksa di laboratorium ternyata darah Anda terinfeksi penyakit.

Nah, tak ada alasan lagi untuk takut dan tak mau menyumbangkan sedikit darah anda kan? Ayo tunggu apa lagi, di luar sana banyak sekali saudara kita yang membutuhkan setetes darah anda. (anbf)

 1,379 total views

LEAVE A REPLY