Prabowo-Hatta Nomor Satu, Jokowi-JK Nomor Dua

0
262

Prabowo-Jokowi

depoktren.com-Calon presiden dan calon wakil presiden (capres dan cawapres) Prabowo Subianto-Hatta Rajasa mendapat nomor urut satu. Sedang Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) mendapat nomor urut dua dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2014.

 

 

Itulah nomor urut dua pasang capres-cawapres yang akan beradu pada pemilihan presiden pada 9 Juli mendatang. Nomor itu mereka peroleh saat proses pengambilan nomor urut berlangsung di Gedung KPU Pusat, Jakarta, Ahad (1/6).
Penetapan nomor urut itu sesuai keputusan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Nomor Urut. Pengundian nomor urut diselenggarakan KPU dengan cara mempersilahkan para calon wakil presiden (Jusuf Kalla dan Hatta Rajasa) untuk lebih dulu mengambil bola bertuliskan angka-angka dalam sebuah kotak.
Cawapres yang memperoleh nomor bola lebih besar, maka pasangan capresnya berhak mendapat kesempatan mengambil kotak nomor urut lebih dulu. Jusuf Kalla memperoleh bola nomor delapan, sedangkan Hatta Rajasa memperoleh bola nomor empat.
Kemudian Ketua KPU Husni Kamil Manik mempersilahkan Jokowi mengambil nomor urut lebih dulu, disusul Prabowo Subianto. Ketika dibuka bersamaan, Jokowi-JK mendapatkan nomor urut dua, sedangkan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa memperoleh nomor urut satu.
Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan kepastian nomor urut akan menjadi dasar dalam penghitungan dan penetapan daftar calon, dan daftar penyusunan surat suara pilpres.

 

 

Husni berharap kedua pasangan dapat menjalankan jadwal kampanye dari 4 Juni hingga 5 Juli dengan sebaik-baiknya dengan tidak melakukan tindakan-tindakan negatif yang merugikan pasangan lain.

 

 

Saat diberi kesempatan menyampaikan sambutan Prabowo mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Indonesia dan KPU. “Bahwa kita menjalankan demokrasi dengan baik. Sekarang mari kita bangun Indonesia menjadi lebih baik,” ujarnya.
Sedang Jokowi mengatakan, ”Nomor dua simbol keseimbangan.” Keseimbangan yang dimaksudnya adalah bahwa di dunia ini segalanya diciptakan berpasangan. Keseimbangan itu, menurut dia, ada capres ada cawapres, ada mata kanan ada mata kiri, ada tangan kanan ada tangan kiri.
Sementara itu, setelah mengetahui nomor urut tersebut, pendukung Prabowo-Hatta yang ada di luar gedung KPU bersorak-sorai. “Nomor satu!,” ujar salah satu pendukung Prabowo-Hatta. Puluhan pendukung lainnya turut menyambut nomor urut tersebut. “Hidup Prabowo, nomor satu!”.
Teriakan “Prabowo, Prabowo, Prabowo” terus bersahut-sahutan. Pendukung yang sudah menyiapkan poster bertuliskan angka 1 langsung mengacung-acungkannya. (adn/antarafoto)

 935 total views

LEAVE A REPLY