Inilah Sembilan Tujuan Wisata Syariah di Indonesia

0
159

Oic_edit

depoktren.com–Pasar wisatawan syariah tergolong besar. Guna menjaringnya, pemerintah mengembangkan sembila tujuan (destinasi) wisata syariah di tanah air.

 
Menurut Mari Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sembilan tujuan wisata syariah itu adalah Sumatera Barat, Riau, Lampung, Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur Lombok dan Makassar.

 
“Penetapan destinasi syariah ini penting karena pariwisata syariah bukan hanya berupa daya tarik objek wisata religi atau tempat wisata ziarah semata, tetapi harus ada fasilitas pendukung,” ujar Mari.

 
Mari yang mengungkapkan hal itu saat membuka Konferensi Internasional Wisata Syariah ke 1 di Jakarta hari ini menyebut fasilitas pendukung itu seperti hotel, restoran, spa maupun fasilitas lainnya yang memenuhi standar syariah Islam.

 
Dia menjelasakan penetapan suatu daerah menjadi tujuan wisata syariah dilakukan berdasarkan hasil kajian kesiapan sumber daya manusia, budaya masyarakat setempat. Selain itu juga ketersediaan fasilitas pendukung yang memenuhi standar syariah Islam.

 
Mari juga mengatakan bahwa sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia yang memiliki banyak peninggalan sejarah perkembangan Islam, Indonesia dinilai memiliki keunggulan dalam pengembangan wisata syariah.

 
“Bukti sejarah dan budaya peradaban dunia Islam hingga kini dapat dijumpai di sejumlah daerah yang dipersiapkan sebagai destinasi wisata syariah,” papar Mari.

 
Ia menambahkan, saat ini pemerintah pusat sedang mempersiapkan standar pelayanan dan standar usaha bidang wisata syariah dengan dukungan masyarakat, pengusaha, dan pemerintah daerah.

 
“Wisata syariah pada prinsipnya merupakan produk jasa yang universal karena dapat dimanfaatkan oleh semua orang, termasuk wisatawan nonmuslim. Oleh karena itu, wisata syariah berkembang pesat,” ujar Mari.(ant/ris)

 

 543 total views

LEAVE A REPLY