7 Langkah Sukseskan UKS

0
847

20140602_150818

depoktren.com – Senin (2/6/2014) bertempat di aula lantai 1 Balaikota Depok diadakan rapat koordinasi (rakor) Sekolah Sehat. Rakor ini diselenggarakan oleh Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Depok, Idris Abdul Shomad, yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Pembina UKS Kota Depok.

 

Hadir dalam rakor ini antara lain Asisten Ekbangsos, Ketua Tim Pembina (TP) UKS, UPT Pendidikan, UPT Puskesmas se-kota Depok, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Ketua PMI, IDI Kota Depok, dan Kepala Sekolah peserta lomba sekolah sehat.

 

Rakor ini membahas tentang usaha dan upaya untuk meningkatkan kesehatan di sekolah. Tidak hanya kantin sekolah namun seluruh komponen dan unsur yang ada di sekolah serta sekitarnya.

 

Idris yang pada pembukaan rakor memberi sambutan menjelaskan bahwa generasi yang saat ini menimba ilmu di tingkat SD, SMP, serta SMA merupakan generasi yang nantinya akan membangun negeri ini di masa depan. Oleh sebab itu ia menghimbau kepada seluruh pendidik untuk memperhatikan kesehatan dan perkembangan anak.

 

Idris juga menjelaskan 7 komponen dalam arti usaha secara profesional guna dapat diterapkan oleh seluruh stakeholder yang ada. 7 kompenen itu adalah (1) Niat dan motivasi, (2) Perencanaan, (3) Mekanisme kerja (organizing) (4) Bekerja dengan benar dan baik (5) Monitoring (6) Evaluasi, (7) Re-orientasi kerja (siklus manajemen).

 

“Pada tahun 2025, sekitar 35 tahun yang akan datang, anak-anak akan mengisi kemerdekaan indonesia emas. Mereka semualah yang akan menjadi pemimpin bangsa. Ibarat kita menanam jati, maka kita dapat merasakan nikmat dan bahagia bila jati tersebut tumbuh, berkembang dengan kuat dan bermanfaat. Mari kita satukan langkah untuk menciptakan calon generasi penerus dengan 7 komponen usaha dan profesional” ajak Wakil Walikota, dilanjutkan dengan penyerahan seminar kit kepada perwakilan peserta lomba sekolah sehat.

Di akhir rakor, para peserta mendapatkan 6 poin kesepakatan bersama yang akan menjadi langkah untuk kembali maju dan meningkatkan kualitas UKS serta program-program lainnya. Ke-6 kesepakatan tersbeut antara lain adalah :

  1. OPD dan Stakeholder Tim Pembina UKS Tingkat Kota Depok berperan aktif dalam pembinaan & pengembangan UKS di Kota Depok.
  2. Tim Pembina UKS Kecamatan akan melaksanakan Koordinasi, pembinaan, dan pengembangan kegiatan UKS di sekolah/madrasah dan perguruan agama wilayah binaannya.
  3. Dinas Pendidikan dan Kantor Kementrian Agama Kota Depok mengeluarkan surat edaran kepada seluruh sekolah agar membentuk tim pelaksana UKS berikut penetapan tugas pokok dan fungsi tim pelaksana UKS.
  4. Sekolah pemenang lomba sekolah sehat (Juara 1) akan dipersiapkan untuk mengikuti Lomba Skeolah Sehat rahap lanjutannya.
  5. Pembinaan juara lomba sekolah sehat tingkat Kota Depok akan mulai dilaksanakan sekitar bulan Juni minggu ke-2, yang akan melibatkan Tim Pembina UKS Tingkat Kota Depok dan Tingkat Kecamatan.
  6. Kegiatan-kegiatan UKS yang ada di sekolah didokumentasikan dan dikumpulkan di Sekretariat TP-UKS Tingkat Kota Depok Gd. Dibaleka II lantai 1.

ADV- Dinas Kesehatan Kota Depok

 

 

 1,382 total views

LEAVE A REPLY