Yuks Bunda, Jadikan Anak Go-Getter

0
171

20140602_150511

 

depoktren.com -Istilah go-getter merujuk pada anak  yang mampu memotivasi diri sendiri untuk berprestasi dan gigih berupaya untuk mencapainya. Nah, sikap ini ternyata bisa dibentuk dan dipupuk sejak dini, lho, Ma. Caranya, dengan menanamkan self-esteem yang sehat pada diri anak. Seperti apa self-esteem yang sehat? Jika anak yakin bahwa dirinya dicintai dan kompeten.

Menurut psikolog Roslina Verauli, sebenarnya ada banyak teknik untuk membangun self-esteem, namun yang utama adalah anak harus merasa dicintai orangtuanya. “Cara paling mudah adalah dengan tiap hari mengatakan pada anak bahwa Anda mencintainya. Anda juga harus memberikan waktu untuk anak. Bahkan, jika anak Anda lebih dari satu, berikan waktu eksklusif untuk masing-masing anak, yaitu ketika anak bisa punya momen berdua saja dengan Mama atau Papanya.”

Ada 3 hal pemicu sukses yang dapat memberikan anak penghayatan positif tentang dirinya sendiri, yaitu I am, I have dan I can. I am adalah pengetahuan tentang dirinya, misalnya I am Sammy, I am loved by my parents. Sedangkan I have adalah hal-hal yang ia miliki yang membuatnya senang dan semangat, misal: I have loving parents, I have good friends, I have nice teacher.

Terakhir, I can adalah perasaan bahwa ia mampu. I can ini harus dikembangkan untuk menumbuhkan perasaan kompeten pada anak, caranya adalah dengan memberikan tugas-tugas yang sesuai dengan usianya. Oleh sebab itu, orang tua harus membantu anak dalam mengembangkan ketiga hal tadi.

Pada usia 3 tahun, anak sudah mulai bisa melakukan hal-hal yang berkaitan dengan bina diri seperti makan sendiri, buang air di WC, dan memakai pakaian sendiri. Biarkan ia melakukan hal-hal tersebut tanpa bantuan Anda atau pengasuhnya. Saat anak berhasil melakukan tugas-tugas tersebut, maka akan tumbuh perasaan I can. Semakin besar usianya, ia harus diberi tugas-tugas yang lebih menantang. Vera juga menambahkan bahwa setiap keberhasilan akan membuat anak merasa kompeten. (anbf)

 452 total views

LEAVE A REPLY