Batik Depok, Khas dan Orisinil

0
1397

nursarimbit_edit_edit

depoktren.com-Motif batik ODNR, merupakan motif baru setelah 10 motif yang dihasilkan dari perlombaan. Motif ini dikembangkan dari program penganekaragaman makanan Pemkot Depok.

 
Motif batik ini tergolong menarik serta banyak diminati oleh warga dari luar Depok. Visualiasi jagung, daun talas, singkong serta sagu ini menghasilkan komposisi motif batik yang unik.

 

Beragam motif batik Depok ini pula yang sering dibawa Dekranasda Depok saat mengikuti sejumlah pameran kerajinan di berbagai tempat. Baik kegiatan rutin maupun bukan.

 

Pada pameran Inacraft, misalnya, Dekranasda Depok senantiasa membawa batik Depok mengikuti pameran kerajinan terbesar di Indonesia ini. Demikian pula pada ajang pameran lainnya di berbagai tempat.

 

Jika dilihat dari visualisasi maupun komposisinya serta pilihan warna motif batik khas Depok memiliki keasliannya tersendiri. Tidak terpengaruh pada nama besar motif batik yang sudah lama berkembang saat ini, seperti batik pesisiran, batik pedalaman, batik Cirebonan, batik Sunda maupun yang lainnya.

 

Motif batik yang memvisualisasikan belimbing dan ikan manfish misalnya, memiliki komposisi yang berbeda dengan pola motif batik klasik. Bahkan salah satu motif ikan hias batik Depok sepintas lebih mirip motif tekstil katimbang batik.

 

Barangkali, motif Paricara Dharma yang agak terpengaruh motif batik klasik. Warna sogan yang dominan mengingatkan kekuatan batik klasik pedalaman yang berkembang di Solo dan Yogyakarta.

 
Sedang dari sisi warna, batik khas Depok juga lebih independen. Meski berani membebaskan dari warna sogan, namun bukan mengikuti warna-warni batik pesisiran.

 
Kedekatan dengan budaya Betawi, tampaknya tak bisa dihindari pada salah satu motif yang memvisualisasikan ikan hias khas Depok. Terutama karena pilihan warna biru, garis merah dan kuning keemasan.(ris/bersambung)

 

 3,731 total views

LEAVE A REPLY