Batik Depok, Jadi Oleh-Oleh

0
400

bunuroke

depoktren.com-Gairah warga Depok terhadap batik bisa dirunut saat dilaksanakan lomba. “Dari perlombaan itu diketahui banyak ciri khas Depok yang bisa diangkat menjadi motif batik,” papar Nur Azizah.

 
Diungkapkan, ketika itu perlombaan diikuti oleh 223 peserta yang mengajukan 354 motif batik. Bukti betapa bergairah dan besarnya partisipasi warga Depok ikut menggali motif batik untuk kotanya.

 

Baik kain, busana maupun produk ikutan dari kain perca batik itu bisa dijumpai sekaligus di beli oleh masyarakat di berbagai sentra pertokoan di Depok. Selain itu kantor Dekranasda juga memiliki ruang khusus untuk memajang produk batik Depok yang juga melayani pembelian bagi masyarakat umum.

 

Pada salah satu pusat pertokoan yang tak jauh dari kantor Pemkot Depok, Dekranasda bekerjasama dengan Dinas UKM dan Koperasi juga membuka ruang display. Selain produk-produk batik khas Depok, juga dipasarkan aneka produk kerajinan yang dihasilkan para pelaku UKM di Depok.

 
“Biasanya selain masyarakat Depok, para tamu dari luar kota yang sedang berkunjung ke sini banyak yang memborong batik-batik ini,” ujar M Kafrawi, salah seorang pengurus Dekranasda. Bertempat di lantai dasar, ruang display produk batik Depok ini mudah dijangkau oleh para tamu ataupun calon pembeli.(ris/bersambung)

 

 1,150 total views

LEAVE A REPLY