Peran Dai, Kunci Keutuhan NKRI

0
135

20140605_101622

depoktren.com – Kamis (5/6), Pemerintah Kota Depok mengadakan sarahsehan dakwah tingkat Kota Depok tahun 2014 yang bertempat di Aula Majlis Ulama Indonesia Kota Depok, Jalan Nusantara Pancoran Mas.

 

Sarahsehan kali ini bertema ’Melalui Sarahsehan Kita Optimalkan Peran Dakwah Dalam Rangka Menjaga Stabilitas Keamanan dan Kenyamanan Beragama dalam NKRI’. Tujuannya adalah memperkokoh kesatuan umat Islam untuk mempertahankan NKRI.

 

Hadir sekaligus membuka sarahsehan Wakil Walikota Depok, M. Idris Abdul Shomad. Kegiatan ini dihadiri pula oleh Lurah Depok Jaya, Ahmad, dan berbagai perwakilan dari organisasi Islam di Kota Depok seperti PCNU, Muslimat NU, Aisiyah, DKM Masjid, Remaja Masjid, Paguyuban Santri, PMTD Kota Depok, Majlis Taklim, PKK , Forum Silahturahmi dan Kajian Ilmiah, dan lain sebagainya.

 

Pembahasan yang diangkat adalah terkait peranan dai dalam memperkokoh NKRI. Achmad Satori Ismail, yang pada sarahsehan ini hadir sebagai pembicara, menjelaskan bahwa iman merupakan tameng terkuat dalam menjaga keutuhan NKRI. Ia juga menambahkan para dai tidak hanya sekedar ceramah namun juga harus siap memperbaiki keadaan yang tidak baik.

 

Islam adalah agama rahmatan lil alamin, agama yang tidak hanya baik untuk umat muslim namun memberi rahmat juga kepada seluruh alam semesta. Dai diharapkan bisa menjadi murabbi, mufakkir, dan munadzdzim. Murabbi adalah pengajar, pengarah, dan pembimbing. Mufakkir adalah penguasaan teoritis,pemikiran dan konsep. Dan munadzdzim adalah organisator. (anbf)

 535 total views

LEAVE A REPLY