Dino P. Djalal: Rendang Tak Bisa Dipatenkan, Jaga Resepnya!

0
281

20140606_065641

depoktren.com – Rendang merupakan makanan khas Indonesia yang kelezatannya sudah mendunia. Rendang juga sempat dinobatkan sebagai makanan terlezat versi jajak pendapat CNN.

 

Rencana untuk mematenkan rendang agar tidak ’dibajak’ negara lain dinilai tidak perlu oleh Dino Patti Djalal, mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat. Dino menyatakan bahwa makanan tidak bisa dipatenkan.

 

“Makanan itu tidak bisa dipatenkan seperti juga warisan budaya lain Bahasa Indonesia,” kata Dino di acara jumpa pers Luvinary Indonesia Adventure di salah satu hotel di Thamrin, Jakarta, Rabu (4/6).

 

Di acara yang berkaitan dengan kuliner Indonesia itu Dino mengatakan makanan merupakan warisan yang perlu dilindungi tetapi tidak perlu sampai dipatenkan. “Jangan pernah merasa takut jika ilmu memasak makanan Indonesia seperti rendang akan dicuri negara lain.”

 

“Saya pikir upaya ingin mematenkan itu merupakan sebuah bentuk nasionalisme dan itu baik. Tapi kalau terkait makanan itu menurut saya bentuk nasionalisme tidak ditempatkan pada posisi yang pas,” katanya.

 

Dia justru menyarankan masyarakat untuk terus mempopulerkan kuliner Indonesia sehingga menjadi kelas dunia, tanpa harus mematenkannya. “Kita harus menyebarkannya dan mempopulerkannya. Justru kita harus bangga sampai pada tahap membawa makanan Indonesia dikenal dunia,” kata dia.

 

“Setidaknya ada dua tipe manusia dalam hal ini, yaitu inlander dan enterprener. Bagi yang menjadi inlander kita akan merasa dijajah dunia, sementara bagi individu berjiwa enterprener akan mencoba menaklukkan dunia. Jika kita bisa berjiwa enterprener maka makanan seperti rendang bisa menjadi kelas dunia,” kata dia.

 

Dino mengibaratkan makanan dari negara lain yang banyak ditemui di Indonesia dan tidak dipatenkan. “Banyak kok makanan Tiongkok di sini berikut restorannya. Mereka yang membuka restoran dengan menu kuliner Tiongkok juga tidak perlu mendapatkan ijin menggunakan hak paten dari negara asalnya,” katanya. (anbf)

 

source: republika.co.id

 1,339 total views

LEAVE A REPLY