Keluarga, Kunci Utama Berantas Korupsi

0
193

20140611_164812

depoktren.com – Rabu (11/6), Fakultas Psikologi Universitas Indonesia bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Seminar Strategi Intervensi Korupsi Sejak Dini yang bertempat di Audit Gedung H Lantai 4, Fskultas Psikologi UI Depok.

 

Seminar ini menghadirkan Prof. Dr. Sarlito Wirawan Sarwono, Dosen Psikologi UI, yang membahas topik Efektifitas Intervensi Perilaku Korupsi Berbasis Keluarga. Selain itu hadir pula sebagai narasumber Dr. M. Busyro Muqoddas, M.Hum, Wakil Ketua KPK, yang membahas tentang Pencegahan Perilaku Korupsi Sejak Dini : Investasi Masa Depan.

 

Sarlito menegaskan bahwa perilaku korupsi tanpa kita sadari terbentuk dari pola pendidikan kita yang salah saat masih anak-anak. Ia juga berpendapat bahwa peranan keluarga sangat penting dalam pembentukan watak anti korupsi.

 

“Kejujuran adalah poin utama. Sejak kecil anak harus dididik agar jujur, bermoral, dan pandai. Namun pada nyatanya anak dijejeli kepandaian tetapi miskin kejujuran”, tegasnya.

 

Selaras dengan Sarlito, Pimpinan KPK , Busyro Muqoddas juga menjelaskan bahwa diperlukan kesimbangan asupan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan nilai/budi pekerti kepada anak sejak dini.

 

Menurutnya keluarga harus kembali kepada fungsi utamanya sebagai lembaga pendidikan bagi anak. Negara yang maju terbentuk dari kemauan, sikap, dan perilaku masyarakat dan pemimpinnya yang telah terbentuk puluhan tahun dalam keluarga, pendidikan formal, dan lingkungan.

 

Untuk membangun budaya anti korupsi Busyro mengajak seluruh komponen untuk bersama-sama memperbaiki sistem yang sidah carut marut di Indonesia, baik dari aturan, lembaga, tata kelola dan lain sebagainya. Kemudia ia menambahkan perubahan perlaku masyarakat pun harus segera dilakukan yang akhirnya akan melahirkan pembangunan busaya yang baik. (anbf)

 708 total views

LEAVE A REPLY