Payudara Berubah Saat Hamil

0
418

menyusui2

depoktren.com – Sebagian wanita ada yang khawatir atas perubahan tubuhnya saat ia mempunya anak, salah satunya adalah perubahan payudara. Perubahan ini mutlak terjadi saat anda hamil.

 

Ada yang berpendapat bahwa menyusui adalah ’biang’ berubahnya bentuk payudara, namun perlu diketahui perubahan tersebut diakibatkan oleh kehamilan. Hormon-hofmon yang berperan dalam produksi ASI bekerja saat ibu sedang hamil. Hormon tersebut adalah oksitosin dan prolaktin sehingga payudara dalam kondisi ini siap untuk menyusui.

 

Payudara perempuan memiliki jutaan sel yang bertugas memproduksi ASI. Ketika hamil, secara otomatis tubuh memproduksi hormon oksitosin dan prolaktin yang akan memerintahkan sel-sel tersebut untuk mulai mensekresi ASI dan mengalirkannya ke gudang-gudang ASI (sinus laktiferus).

 

Itulah sebabnya, pada trimester ketiga atau bulan kedelapan, sebagian ibu merasakan bahwa payudaranya mulai membesar dan bahkan mulai merembeskan air susu. Sekali lagi semua ini adalah proses yang terjadi secara otomatis jika seorang perempuan mengalami kehamilan. (anbf)

 1,207 total views

LEAVE A REPLY