Saatnya Koperasi Jadi Pemain Utama Ekonomi di Indonesia

0
288

DEPOKTREN.COM-Tak ada lagi yang perlu diragukan dengan Koperasi. Ditengah gempuran modal global, Koperasi-sebagai badan usaha yang diakui keberadaannya oleh konstitusi-tetap eksis dan tumbuh menjalankan fungsinya sebagai penggerak ekonomi bangsa Indonesia.

 
Ini membuktikan Koperasi merupakan lembaga ekonomi yang bisa menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Sekaligus juga sebagai pilar ekonomi yang sesuai untuk membangun kesejahteraan masyarakat. Sebab, azas Koperasi mengutamakan kebersamaan, kegotongroyongam dan kekeluargaan.

 
“Meski dukungan pemerintah belum cukup optimal terhadap gerakan Koperasi, nyatanya banyak Koperasi yang berkembang dengan baik. Seperti Koperasi Simpan Pinjam atau Koperasi Jasa Keungan termasuk yang berbasis syariah atau dikenal Baitul Mal wa Tamwil (BMT),” ujar Saat Suharto Amjad, Ketua Koperasi Tamzis di Jakarta, Kamis (12/6).

 

Saat menilai Koperasi harus di dudukan sebagai Soko Guru atau pilar utama ekonomi Indonesia. Sebab, selain merupakan bagian demokrasi ekonomi, tiga azas Koperasi kini menjadi kiblat para pelaku ekonomi dunia. Sebab, persaingan usaha liberal yang telah dipraktekkan para pelaku kapital terbukti membawa resesi ekonomi berkepanjangan.

 
Koperasi sejatinya sejajar bahkan lebih unggul secara azas dibanding pelaku ekonomi lainnya. Oleh sebab itu, saatnya Koperasi mengambil peran sebagai pemain utama ekonomi. Koperasi saatnya tak lagi menangani sektor ekonomi pinggiran, namun juga menangani sektor utama dan strategis seperti energi, industri, pangan, infrastruktur dsbnya.

IMG_20140612_121342
“Jadi seharus pengelolaan Koperasi jangan digabung dengan UMKM seperti saat ini. Saya mengusulkan Kementerian yang menangani Koperasi dinamakan Kementerian Perekonomian Rakyat,” tegas Saat. Penggabungan dengan UMKM hanya membuat seakan-akan bidang usaha Koperasi terbatas usaha kecil dan menengah seperti kerajinan.(ris)

 

 755 total views

LEAVE A REPLY